Jakarta (ANTARA News) - Ketua Gabungan Pengusaha Eksportir Indonesia (GPEI), Benny Soetrisno menyampaikan, pemerintah perlu memastikan adanya pengurangan impor.

"Pengurangan impor perlu diberlakukan terhadap barang-barang yang tidak diperlukan misalnya antara lain barang-barang konsumsi, serta barang-barang modal yang telah tersedia di Indonesia," demikian disampaikan Benny Soetrisno dalam acara Rapat Forum Ekspor Industri Manufaktur, di Kementerian Perindustrian, Jakarta, Rabu.

Jadi, menurut Benny, mendukung ekspor nasional itu dilakukan dengan memberikan perlakukan khusus kepada barang dalam negeri.

"Harus diberikan prioritas," kata Benny.

Sementara itu, Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia, Sofyan Wanandi menyampaikan, pengusaha juga meminta tidak ada lagi pungutan liar.

"Kami mohon pemda dan aparat keamanan bisa menertibkan ini," kata Sofyan.

Pada forum itu, Pemerintah menyatakan akan membantu mempermudah industri manufaktur dalam melakukan perdagangan ke luar negeri untuk meningkatkan ekspor nasional yang didukung oleh tiga kementerian yaitu Kementerian Perindustrian, Kementerian Perdagangan, dan Kementerian Keuangan.


Pewarta: Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: Ella Syafputri
COPYRIGHT © ANTARA 2013