Jakarta (ANTARA) - Wali Kota Jakarta Selatan Munjirin mengajak warga untuk bersama-sama menjaga keamanan dan kenyamanan pada perayaan Imlek 2024, apalagi Jakarta Selatan sudah dinobatkan sebagai kota kerukunan beragama.

"Kalau di Jaksel kerukunan umat beragama sudah tercipta baik," kata Munjirin di Jakarta pada Rabu.

Munjirin mengatakan bahwa perayaan Imlek setiap tahunnya di Jakarta Selatan (Jaksel) berlangsung baik, karena semua elemen masyarakat bersama-sama menjaga kenyamanan dan keamanan.

Menurut dia, masyarakat Jaksel telah teruji dalam kerukunan antarumat beragama dan bahkan setiap perayaan hari keagamaan pasti ada bantuan keamanan dari warga sekitar.

"Kalau ada perayaan Imlek di sini pasti dari elemen masyarakat yang lain juga ikut menghargai. Selain itu juga ikut mengamankan tempat-tempat ibadah yang dijadikan lokasi perayaan Imlek," tuturnya.

Baca juga: Heru: Perayaan Imlek jadi salah satu bentuk solidaritas umat beragama
Baca juga: Kemeriahan Tahun Baru Imlek 2024 yang kian terasa


Munjirin menambahkan, Jakarta Selatan sudah dinobatkan sebagai kota kerukunan dan masyarakatnya pun sangat beragam, baik dari suku, ras maupun agama.

"Kami kemarin sudah dinobatkan sebagai kota kerukunan itu dinilai oleh Pemerintah Pusat bahwa kami sudah memelihara kerukunan umat beragama dengan baik," katanya.

Sebelumnya, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta melalui Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf) mengimbau seluruh tempat-tempat keramaian di Jakarta bisa turut aktif memeriahkan perayaan Imlek 2024.

"Pertama melalui Disparekraf mengimbau di tempat-tempat keramaian seperti mal, restoran, untuk bisa turut serta aktif merayakan Imlek tahun ini," kata Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono.

Heru menyebutkan, dukungan perayaan Imlek tersebut di antaranya lewat kemeriahan diskon, ornamen-ornamen bernuansa Imlek, penampilan-penampilan seni budaya serta kemudahan berbelanja lainnya.

Pewarta: Khaerul Izan
Editor: Sri Muryono
COPYRIGHT © ANTARA 2024