Banda Aceh (ANTARA News) - Jamaah calon haji asal Kota Banda Aceh diminta tetap menjaga kesehatan, sehingga pelaksanaan rukun Islam kelima di Tanah Suci tersebut bisa berjalan baik.

"Saya berpesan kepada para calon haji agar senantiasa menjaga kesehatan. Sebab, ibadah haji merupakan ibadah fisik," kata Wakil Wali Kota Banda Aceh Illiza Saaduddin Djamal di Banda Aceh, Kamis.

Pesan tersebut disampaikan Illiza Saaduddin Djamal pada prosesi "peusijuk" atau tepung tawar 60 orang calon haji di lingkungan Pemerintah Kota Banda Aceh.

Wakil Wali Kota Banda Aceh itu mengingatkan agar para calon haji memanfaatkan kesempatan beribadah haji di tanah suci. Sebab berhaji merupakan kesempatan terbaik dalam hidup.

Ia juga mengingatkan agar para calon haji memaknai berbagai syarat dan rukun haji, seperti sa`i, tawaf, wukuf di Arafah, melempar jumrah dan lainnya, sehingga ibadah yang dijalankan menjadi mabrur dan diterima Allah SWT.

"Semua rukun haji wajib dilaksanakan. Di dalam pelaksanaan rukun haji ini banyak makna yang bisa dipahami. Karena itu, jalankan rukun haji dengan sungguh-sungguh dan penuh keikhlasan," kata Illiza Saaduddin Djamal.

Kepala Bagian Keistimewaan Sekretariat Kota Banda Aceh Zahroel Fajri mengatakan calon haji di lingkungan Pemerintah Kota Banda Aceh sebanyak 60 orang, terdiri 30 laki-laki dan 30 perempuan.

"Mereka berasal dari berbagai satuan kerja perangkat daerah atau SKPD di lingkungan pemerintah kota. Mereka tergabung dalam kloter satu Embarkasi Banda Aceh dan diberangkatkan 29 mendatang," kata Zahroel Fajri.

(KR-HSA/A035)

Pewarta: M Haris SA
Editor: Tasrief Tarmizi
COPYRIGHT © ANTARA 2013