Cianjur (ANTARA News) - Bupati Cianjur, Jabar, Tjetjep Muchtar Soleh, Kamis, melepas 444 jemaah haji asal Cianjur yang tergabung dalam kelompok terbang (Kloter) 07.

Jemaah haji akan diinapkan terlebih dahulu di Asrama Haji Pondok Gede Bekasi, sebelum diberangkatkan ke Tanah Suci Jumat (13/9) melalui embarkasi Halim Perdana Kusuma.

"Kami mendoakan agar jemaah haji Cianjur menjadi haji yang mabrur dan kembali ke Tanah Air tidak kurang satu apapun," kata Tjetjep, saat melepas gelombang pertama jemaah haji.

Sementara itu, Kepala Seksi Urusan Haji dan Umrah Kementerian Agama Cianjur, Hipni mengatakan jumlah keseluruhan calon jemaah haji asal Cianjur sebanyak 1.146 orang jumlah awal sebanyak 1.423 orang.

Jumlah tersebut termasuk pengurangan sebanyak 20 persen yang merupakan kebijakan dari pemerintah Arab Saudi dikarenakan ada renovasi.

"Calon jemaah haji dari Cianjur terbagi dalam empat kloter. Keberangkatan pertama tergabung dalam kloter 07 berjumlah 444 orang ditambah petugas 6 orang menjadi 450 yang akan berangkat hari ini," katanya.

Sedangkan keberangkatan kedua tergabung dalam kloter 19 berjumlah 81 orang berangkat Rabu (18/9), dilanjutkan dengan rombongan ketiga tergabung dalam kloter 29 sebanyak 154 orang yang akan berangkat Minggu (22/9).

"Sedangkan pemberangkatan terakhir tergabung dalam kloter 37 sebanyak 432 orang akan berangkat Kamis (26/9)," ucapnya.

Sementara untuk calon jamaah tergabung dalam kloter 19 yang merupakan jamaah mandiri akan digabung dengan calon jamaah dari daerah lain. Sedangkan kloter 29 akan digabung dengan KBIH calon jamaah dari Kabupaten Karawang.

Dia menuturkan, jemaah haji yang gagal berangkat sebanyak 77 orang calon karena belum melunasi biaya. Sedanghan yang melunasi namun ditunda berangkat karena kebijakan pengurangan kuota sebanyak 210 orang.

(KR-FKR/Y003)

Pewarta: Ahmad Fikri
Editor: Tasrief Tarmizi
COPYRIGHT © ANTARA 2013