Jakarta (ANTARA) - Anggota DPRD DKI Jakarta Dwi Rio Sambodo mendukung kebijakan pemerintah provinsi untuk memperbanyak pertunjukan bertema Imlek di pusat perbelanjaan untuk menyambut tahun baru China yang jatuh pada 10 Februari.

"Perayaan Imlek sudah mulai meriah terlihat di Jakarta bahkan merambah ke mal-mal," kata Rio  di Jakarta, Kamis.

Rio menuturkan perayaan tahun baru China ini merupakan salah satu warisan budaya yang harus dijaga dan dilestarikan.

Terlebih, dia juga mendukung Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta untuk terus memberikan ruang-ruang budaya bebas berekspresi terkait kebudayaan warga Tionghoa.

Terlebih, lanjut dia, Budaya Tionghoa sebenarnya sudah ada di Indonesia sejak abad kelima, sehingga sangat kental dengan nilai-nilai luhur dan bersifat filosofis.

"Cara paling mudah dalam merangkul saudara saudara kita warga Tionghoa adalah melalui pendekatan kebudayaan," jelasnya.

Maka dari itu, dia mendorong Dinas Kebudayaan DKI mampu mendorong pengembangan kebudayaan  Tionghoa dengan beragam kegiatan.

Harapannya, budaya  Tionghoa semakin dikenal sebagai salah satu kekayaan yang dimiliki Indonesia khususnya wilayah multikultural seperti Jakarta.

Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf) DKI dan Dinas Kebudayaan (Disbud) DKI Jakarta telah mulai menyiapkan rangkaian dan kemeriahan Imlek 2024 sejak seminggu yang lalu.
 
Rangkaian kemeriahan perayaan Imlek 2024 di Dinas Kebudayaan, lanjutnya, meliputi kegiatan di Taman Ismail Marzuki (TIM) dan tempat-tempat lain berupa penampilan tarian perayaan Imlek.

Sebelumnya, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf) DKI mengimbau seluruh tempat-tempat keramaian di Jakarta bisa turut aktif memeriahkan perayaan Imlek 2024.

"Pertama melalui Disparekraf mengimbau di tempat-tempat keramaian seperti mal, restoran, untuk bisa turut serta aktif merayakan Imlek tahun ini," kata Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono kepada ANTARA di Balai Kota DKI, Jakarta Pusat, Rabu.
Baca juga: Kemeriahan stasiun kereta di Jakarta menyambut Tahun Baru Imlek
Baca juga: Polisi gelar baksos bersihkan Vihara Lalitavistara di Cilincing
Baca juga: Jelang Imlek, polisi cek vihara di Taman Sari

Pewarta: Luthfia Miranda Putri
Editor: Ganet Dirgantara
COPYRIGHT © ANTARA 2024