Makassar (ANTARA News) - Pengurus Pusat Persatuan Tinju Amatir Indonesia sesuai rencana segera memberangkatkan 12 petinju timnas SEA Games ke Kuba, 16 September 2013.

Ketua Bidang Kepelatihan Pelatnas John Amanupunyo saat dihubungi dari Makassar, Jumat, mengatakan keberangkatan petinju timnas demi memaksimalkan kemampuan atlet sebelum tampil di ajang dua tahunan tersebut. Seluruh petinju akan berada di Kuba hingga 22 November 2013.

"Kami akan berada di Kuba sekitar tiga bulan. Setelah pemusatan latihan berakhir akan langsung bertolak ke Myanmar dan melanjutkan latihan. Kami juga masih memiliki sekitar dua minggu sebelum tampil perdana 7 Desember 2013," jelasnya.

Sebanyak 12 petinju yang akan ke Kuba terdiri dari tujuh putra dan lima putri diantaranya Cornelis Wangu, Yulio Bria (Bali), Kusdiono (Jabar), Vicky Montolalu (Sulut), Kristianus Nong Sedo (Kalimantan Timur) serta Erico Amanupunyo dan Alex Tatontos asal Sulsel.

Petinju putri yakni Batrix Sugoro (Kalsel), Marni Allawa (Riau), Christine Jembai (Papua Barat), Immaculata Loda dari Nusa Tenggara Timur (NTT) serta Ester asal Maluku.

Mantan Direktur Teknik Pertina Sulsel itu menjelaskan, para petinju timnas akan didampingi pelatih asal Kuba Ernesto Moreno serta empat pelatih lokal yakni Ronny Sigarlaki, Mesak, Abdullah, dan Sulaeman. Dirinya sebagai ketua bidang kepelatihan juga ikut mendampingi tim selama di Kuba.

Selama di Kuba, kata dia, pihaknya akan memprioritaskan masalah teknik. Untuk itu, pihaknya telah melakukan koordinasi untuk menjadwalkan sejumlah pertarungan dengan para petinju asing.

"Sebelum bertolak Ke Kuba, kami prioritaskan masalah fisik agar bisa lebih fokus mengasah teknik di Kuba.Mudah-mudahan persiapan yang kami lakukan semakin menjaga peluang Indonesia merebut medali emas SEA Games 2013," katanya.

Terkait peluang 12 petinju di ajang olahraga terbesar se-Asia Tenggara tersebut, pihaknya mengaku cukup optimistis. Kepercayaan diri timnas juga semakin tinggi setelah keberhasilan Corelis Wangu merebut medali emas pada kejuaraan dunia di Taiwan Open 2013.

"Kami memiliki petinju yang cukup berpengalaman termasuk Alex Tatontos yang merupakan peraih emas SEA Games 2011," ujarnya.

Ketua Umum PP Pertina Reza Ali, menyatakan timnas Indonesia menargetkan dua medali emas di SEA Games Myanmar 2013. Target tersebut dinilai realitis melihat perkembangan dan persiapan seluruh atlet yang cukup maksimal.

(KR-AKR/N002)

Pewarta: Abd Kadir
Editor: Tasrief Tarmizi
COPYRIGHT © ANTARA 2013