Samarinda (ANTARA News) - Para pelaut dari 11 negara telah berdatangan ke perairan Kepulauan Derawan di Kabupaten Berau dengan kapal layar mewah atau "yacht" untuk memeriahkan Festival Derawan 2013 yang berlangsung  14-20 September.

"Saat ini telah berdatangan kapal-kapal layar cepat dari 11 negara, masuk melalui jalur utara Kaltim. Selain mengikuti yacht rally, peserta dari luar negeri itu juga akan diajak menikmati rangkaian acara lainnya seperti HUT Kota Berau, Festival Budaya Kesultanan dan game fishing," kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kalimantan Timur (Kaltim) H.M Aswin di Samarinda, akhir pekan ini.

Rute rally yacht itu terbagi dua, yaitu melalui Davao (Filipina), Sangihe, Bitung, Kwandang, Derawan dan Tarakan. Kedua jalur Phuket (Thailand), Singapura, Anambas, Kinabalu, Tawau (Malaysia Timur), Tarakan dan berakhir di Derawan.

Puncak acara Festival Derawan berlangsung pada tanggal 20 September 2013 dan dipusatkan di Lapangan Pemuda Tanjung Redeb.

Selain yacht rally, game fishing dan pameran, juga akan diadakan atraksi terjun payung dan pentas budaya berupa pagelaran tari kolosal masyarakat setempat.


Pewarta: Susylo Asmalyah
Editor: Aditia Maruli Radja
COPYRIGHT © ANTARA 2013