Banda Aceh (ANTARA News) - Aktivitas penerbangan Bandara Internasional Kualanamu, Sumatera Utara, tujuan Kabupaten Simeulue, Provinsi Aceh, terganggu akibat letusan gunung Berapi Sinabung.

Anggota DPRK Simeulue Rahmad yang dihubungi dari Banda Aceh, Senin, menyebutkan pesawat Susi Air tidak beroperasi sejak pagi ini sebagai dampak letusan gunung Berapi Sinabung di Kabupaten Karo, Sumut.

"Informasi yang saya peroleh pesawat Susi Air yang biasanya beroperasi rutin setiap hari Medan-Sinabang (Simeulue), namun hari ini berhenti karena dampak letusan Sinabung," katanya menjelaskan.

Akibatnya, Rahmad menyebutkan belasan penumpang pesawat udara dari Simeulue ke Medan terpaksa naik kapal Feri melalui Labuhan Haji, Kabupaten Aceh Barat Daya, Aceh.

Dipihak lain, Rahmad yang juga Ketua Fraksi Karya Demokrasi Bintang Muda (FKDM) DPRK Simeulue itu saat ini hanya satu maskapai penerbangan yang melayani penumpang ke dan dari Simeulue.

"Kalau sebelumnya atau pascatsunami, banyak penerbangan yang membuka rute ke Simeuleu, namun kini hanya tinggal satu. Kami sangat berharap adanya penambahan penerbangan dari dan ke Simeulue," kata dia menambahkan.

Sebelumnya diberitakan, Gunung Berapi Sinabung di Kabupaten Karo, meletus pada Minggu (15/9) pukul 02.51 WIB.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho mengatakan, letusan itu memuntahkan abu vulkanik dan beberapa batu kecil yang melanda desa-desa sekitarnya.

Letusan tersebut juga menyebabkan asap tebal yang berwarna hitam keluar dari kawah Gunung Sinabung dan memunculkan api diam di puncak kawah.

(A042/H011)

Pewarta: Azhari
Editor: Tasrief Tarmizi
COPYRIGHT © ANTARA 2013