Jakarta (ANTARA News) - Jamaah calon haji Indonesia yang mulai melakukan tahapan haji dari awal hingga selesai diminta segera melapor kepada petugas kesehatan bila mengalami gangguan kesehatan sebagai salah satu pencegahan penularan virus Corona.

"Kepada jamaah haji kalau merasa badannya tidak enak segera beritahu petugas kesehatan, kita akan menangani langsung," kata Menteri Agama Suryadharma Ali di Kantor Presiden Jakarta, Senin.

Ia mengatakan, para calon haji tidak perlu khawatir terhadap penyebaran virus Corona karena menurut pihak yang berwenang penyebaran peluang terbesar ada pada daerah yang dihuni oleh kelelawar.

"Saya imbau jamaah tidak terlalu khawatir mengenai virus itu. Virus Corona berkembang di sana tetapi bukan di daerah di mana jamaah haji melakukan tahap-tahapan haji, misal di Jeddah, di Mekkah, lalu di Arafah bukan di daerah itu. Tapi di daerah yang menurut info (ada-red) burung kelelawar, jadi media penyebaran itu dari burung itu," katanya.

Menag juga mengingatkan para calon haji agar selalu menjaga kesehatan dengan mengonsumsi makanan yang seimbang dan bernutrisi baik.

Suryadharma Ali juga mengatakan, sekembalinya ke Tanah Air, jamaah akan dipindai suhu tubuhnya untuk mengetahui apakah demam atau ada gangguan kesehatan.

Pemerintah, katanya, akan memberikan pelayanan kesehatan optimal bagi jemaah haji.

(P008/Z002)

Pewarta: Panca H Prabowo
Editor: Tasrief Tarmizi
COPYRIGHT © ANTARA 2013