Jakarta (ANTARA News) - Dewan Kerajinan Nasional akan meluncurkan buku terbaru yang berjudul "Peranti Saji Indonesia", sebagaimana dikatakan oleh Ketua Umum Dekranas Ny.Herawati Boediono.

"Buku ini semoga bermanfaat dan generasi muda dapat mempelajarinya untuk mengetahui akulturasi budaya Indonesia," jelas Herawati dalam temu media dengan Dekranas di kediaman Wakil Presiden Indonesia di Jakarta, Senin.

Herawati menjelaskan dalam buku tersebut juga akan dilengkapi pengetahuan kuliner Indonesia.

"Semoga ini bisa saling mendukung dan mempromosikan produk unggulan dan kearifan lokal Indonesia," kata Herawati.

Buku ini berisi dokumentasi dan deskripsi kriya peranti saji beserta perlengkapannya dari berbagai daerah Nusantara.

Peluncuran buku yang diterbitkan oleh Dekranas ini akan dilakukan oleh Ibu Negara Ani Bambang Yudhoyono selaku Pembina Dekranas.

Buku ini rencananya akan diluncurkan bersamaan dengan pameran yang didedikasikan untuk mempromosikan produk kerajinan nasional dengan tema "Keberagaman Peranti Saji Nusantara Cerminan Kekayaan Budaya Bangsa".

Herawati menjelaskan bahwa pameran yang rencananya akan digelar di Jakarta Convention Center pada 19 hingga 22 September, merupakan salah satu rangkaian acara dalam merayakan ulang tahun Dekranas ke-33.

Lebih lanjut Herawati menjelaskan Indonesia dengan 33 provinsi yang dimiliki, setidaknya memiliki 400 etnis dengan tata saji dan piranti saji yang berbeda di setiap daerah.

"Tata saji dan peranti saji Indonesia memiliki ciri khas di tiap daerah, ini yang harus dilestarikan, dikembangkan, dan diperkenalkan ke generasi muda dan dunia internasional," jelas Herawati.
(M048)

Pewarta: Maria Rosari
Editor: Desy Saputra
COPYRIGHT © ANTARA 2013