London (ANTARA News) - Kembalinya Jose Mourinho ke Liga Champions bersama Chelsea diawali dengan permulaan mengecewakan setelah tamu mereka FC Basel membalikkan keadaan menjadi menang 2-1 di Stamford Bridge Kamis dini hari tadi.

Kiprah pertama Mourinho bersama Chelsea berakhir menyakitkan tepat enam tahun lalu ketika dia dipecat setelah hanya mampu seri 1-1 melawan Rosenborg pada Liga Champions.

Dan harapannya untuk memupus kenangan buruk itu dengan menang dari Basel pada pertandingan pertamanya bersama Chelsea di kompetisi elite Eropa dini hari tadi dihancurkan semangat bertempur nan hebat dari klub juara Liga Swiss tersebut.

Gelandang asal Brazil Oscar sempat membawa Chelsea unggul pada babak pertama, namun the Blues harus membayar mahal akibat bertanding buruk ketika tim tamu menyamakan kedudkan lewat Mohamed Salah dan lalu berbalik unggul lewat Marco Streller pada sembilan menit menjelang laga usai.

"Saya tidak terkejut. Realitas adalah hal yang kadang tak Anda menangkan. Tentu saja saya tak suka. Kami telah melangkah dari kualifikasi namun kami masih memiliki lima pertandingan lainnya untuk finis di dua teratas," kata  Mourinho usai kekalahan pertama Chelsea pada fase grup Liga Champions sejak 2003.

"Basel bermain bagus sekali. Kami menguasai bola namun kami tak bisa menciptakan banyak peluang. Secara emosi ini bukanlah tim yang matang."

Sedangkan bos Basel Murat Yakin hanya berkata, "Selamat untuk tim kami. Kami tak datang ke sini untuk bersembunyi. Bagus sekali bisa menang, khususnya setelah ketinggalan pada sebuah momen yang kritis."

Mourinho yang sudah mengalami awal terburuk Chelsea di Liga Premier dalam satu dekade terakhir, hanya lima hari setelah kalah 0-1 dari Everton, dia kini menderita kekalahan dua kali berturut-turut dan merupakan salah satu langkah mundur yang memalukan bagi karirnya selama ini.

Pemilik the Blues Roman Abramovich terlihat mengggeleng-gelengkan kepalanya begitu pertandingan usai, demikian AFP.

Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2013