Marseille (ANTARA News) - Arsenal memulai kampanye Liga Champions dengan awal ideal Kamis dini hari tadi setelah dua gol pada babak kedua dari TheoWalcott dan Aaron Ramsey membuat tim ini menang 2-1 dari penjamunya Marseille.

Kendati tampil di kandang lawan di Stade Velodrome, Arsenal terbang mengatasi penjamunya pada menit 65 akibat sembrononya pertahanan klub Prancis itu saat antisipasi buruk Jeremy Morel malah dipotong Walcott untuk kemudian melepaskan tendangan berujung gol, melewati kiper Steve Mandanda.

Gol pertama Walcott pada kampanye Champions musim ini disusul gol Ramsey yang membawa bola dari tengah pertahanan lawan sebelum melepaskan tendangan rendah yang tak bisa dijangkau Mandanda pada menit 83.

Jordan Ayew menciptakan gol dari titik penalti, namun gol ini tak bisa menganulir kemenangan Arsenal yang merupakan kemenangan keenamnya pada seluruh kompetisi termasuk Liga Premier.

"Marseille bermain baik sekali," kata pelatih Arsenal Arsene Wenger. "Namun kemudian mereka agak menurun pada babak kedua. Saya tahu ketika kedudukan masih 0-0 setelah satu jam, maka tim yang mencetak dua gol yang akan menang."

Penyerang Olivier Giroud mengungkapkan pengalaman menjadi kunci kemenangan timnya. "Malam ini kami efektif dan kendati kami tidak mempesona, kami mendominasi pertandingan dan ketika Marseille di bawah penampilannya, kami tahu bagaimana menciptakan perbedaan pada detail. Tentang itulah Piala Eropa."

Marseille menurunkan lagi Andre Ayew setelah terkena larangan bermain, sedangkan Giannelli Imbula tetap bermain di lapangan tengah kendati disarankan untuk diganti Benoit Cheyrou.

Imbula yang pekan lalu genap berusia 21 tahun tampil mengesankan pada debut Liga Champions-nya ini.  Pada babak pertama Marseille memiliki banyak peluang, salah satunya adalah sundulan Andre Ayew yang memanfaatkan umpan Dimitri Payet pada menit 21. Sebaliknya Arsenal berjuang melapis pertahanannya dari gebrakan trio Mathieu Valbuena, Imbula dan Payet.

Per Mertesacker yang kembali menjadi line-up setelah tak tampil saat Arsenal menang 3-1 dari Sunderland Sabtu lalu, menghalau umpan Payet, sebelum Andre-Pierre Gignac melepaskan sundulan dari tendangan penjuru Payet.

Pada babak pertama ini  Arsenal hanya sedikit menciptakan peluang, antara lain dari upaya Walcott yang diselamatkan Mandanda.

Kieran Gibbs kemudian memainkan peran sentral pada saat gol pembuka tercipta ketika umpannya membuat kebingungan di area Marseille dan Walcott mengambil manfaat dari situasi ini untuk menciptakan gol.

Ramsey, yang menciptakan gol semata wayang Arsenal saat satu pertandingan fase Liga Champions dua tahun lalu, menggandakan keunggulan sebelum kemudian pemain pengganti Jordan Ayew menciptakan gol dari titik penalti untuk Marseille setelah Ramsey dinyatakan melakukan pelanggaran terhadap Andre Ayew di kotak penalti Arsenal, demikian AFP.

Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2013