Medan (ANTARA) - Penjabat(Pj) Gubernur Sumatera Utara(Sumut) Hassanudin merasa yakin tingkat partisipasi pemilih dalam Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 di provinsi ini  dapat mencapai target lebih dari 79 persen.

"Angka partisipasi pemilih pada Pemilu 2019 di Sumut melebihi dari target atau sekitar 79 persen dan hal itu harus terulang kembali pada Pemilu 2024," ujar ujar Hassanudin usai memonitor situasi perkembangan pemilu bersama Forkopimda, di Rumah Dinas Gubernur Sumut, di Medan, Rabu.

Menurutnya, dalam tahapan pemilu, seluruh pemangku kebijakan terkait sudah bekerja secara maksimal termasuk melakukan sosialisasi kepada masyarakat guna menyukseskan pesta demokrasi di wilayahnya tersebut.

"Saya sudah sampaikan, kita punya evaluasi dari pencapaian tahun lalu, targetnya yang angkanya secara umum menyampaikan partisipasi pemilih kita akan lebih baik," kata Hassanudin.

Selain itu, Hassanudin juga memastikan pengamanan Pemilu 2024 juga sudah dipersiapkan dengan matang. Kepolisian, TNI dan Satpol PP bekerja sama memastikan Pemilu 2024 berjalan dengan aman dan nyaman.

"Dan saat ini kami Forkopimda terus memonitor persiapan perkembangan. Hingga saat ini belum hal-hal menghambat," sebutnya

Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Sumut Agung Setya Imam Effendi mengatakan pengamanan logistik pemilu di Sumut berjalan dengan baik tanpa ada kendala yang menghambat pelaksanaan pemilu.

"Tugas pertama yang saya selesaikan mengawal kotak suara atau logistik pemilu sampai ke TPS, pagi ini dilaporkan 45.875 TPS sudah menerima logistiknya dengan baik," ujar Agung.

Dikatakan Agung, Polda Sumut mengerahkan mengerahkan sebanyak 12.908 personel untuk melakukan pengamanan di seluruh TPS se-Sumut.

"Polda Sumut menjamin keamanan masyarakat pada saat pencoblosan TPS. Sebanyak 12.908 personel yang bertanggung jawab untuk pengamanan di TPS tersebut," kata Agung.
Baca juga: Pj Gubernur Sumut: Bela negara pilar jaga integritas-identitas bangsa
Baca juga: Pj Gubernur: Program JKN-KIS bantu warga akses layanan kesehatan

Pewarta: Anggi Luthfi Panggabean
Editor: Guido Merung
COPYRIGHT © ANTARA 2024