Ambon (ANTARA News) - Pemerintah Kabupaten Maluku Tengah menyiapkan lahan seluas 10 hektare di desa Makariki untuk pembangunan pelabuhan kontainer skala besar.

"Kami telah menyiapkan lahan seluas 10 hektar di Desa Makariki untuk pembangunan pelabuhan kontainer. Lokasinya sangat strategis karena terletak di teluk Makariki," kata Bupati Malteng, Abua Tuasikal di Ambon, Kamis.

Ia mengatakan penyiapan lahan tersebut sebagai bentuk dukungan terhadap rencana pemindahan ibu kota provinsi Maluku dari Kota Ambon ke Makariki dan pencanangannya telah dilakukan mantan Gubernur Karel Albert Ralahalu pada 14 September 2013.

Bupati mengatakan lokasi lahan yang disiapkan sangat strategis karena letaknya di Teluk Makariki, sehingga memungkinkan dijadikan sebagai pelabuhan ekspor berbagai potensi sumber daya alam Maluku, di masa mendatang.

Menyangkut rencana pembangunan pelabuhan tersebut, Bupati menegaskan akan dikoordinasikan dengan Pemprov Maluku, terutama Dinas Perhubungan setempat, karena menyangkut kebutuhan alokasi dana sangat besar.

Lahan yang disiapkan untuk membangun pelabuhan tersebut merupakan bagian dari 307 hektare tanah di kawasan Makariki yang disiapkan untuk mendukung pemindahan ibu kota dari Ambon.

Pewarta: Jimmy Ayal
Editor: Unggul Tri Ratomo
COPYRIGHT © ANTARA 2013