Roma (ANTARA News/Reuters) - Sampdoria dua kali bangkit dari ketinggalan di menit-menit akhir pertandingan di markas Cagliari, ketika Chievo Verona bangkit dari kekecewaan dini untuk memenangi pertandingan Liga Italia pertama mereka musim ini dengan menaklukkan tamunya Udinese 2-1 pada Sabtu (Minggu WIB).

Livorno menyia-nyiakan peluang untuk mengejar para pemuncak klasemen liga setelah hanya bermain imbang tanpa gol di Genoa sehingga tim promosi itu masih berada di peringkat keenam, setingkat dengan koleksi tujuh angka yang sama dengan nilai yang dikumpulkan Juventus, Fiorentina, dan Inter Milan yang semuanya bermain pada Minggu ketika tim teratas Napoli mengunjungi markas AC Milan.

Pasukan Genoa yang dilatih Fabio Liverani naik ke peringkat ke-13 dengan empat angka setelah gagal memaksimalkan peluang-peluang yang dimilikinya meski tuan rumah nyaris mencetak gol ketika Emanuele Calaio melepaskan tandukan yang masih dapat digagalkan Francesco Bardi.

Hasil imbang didapat Sampdoria yang dilatih Delio Rossi berkat gol Lorenzo De Silvestri yang membuat mereka menghuni peringkat keempat dari bawah dengan koleksi dua angka, sedangkan Cagliari tetap berada di peringkat kesembilan dengan sembilan angka.

"Ini merupakan hasil yang tepat, namun saya masih terganggu dengan ketertinggalan 1-2 di situasi itu," kata Rossi.

"Saya tidak suka dengan cara kami memulai, namun pada babak kedua kami berubah dan keberanian kami mendapat penghargaan," tambah sang pelatih, yang harus diusir ke tribun akibat perayaan golnya setelah De Silvestri menyamakan kedudukan.

Ia menimpali, "Saya berlari ke sana, sebab saya ingin berbagi kegembiraan dengan para pemain, saya tidak bermaksud menyerang siapapun."

Chievo meninggalkan posisi tiga terbawah untuk menduduki peringkat ke-13 setelah kemenangan mereka, yang membuat mereka memiliki koleksi angka yang sama dengan Udinese, yakni empat angka.

Sampdoria tertinggal ketika Albin Ekdal mencetak gol indah pada menit ke-26, dan harus menunggu sampai menit ke-89 untuk menyamakan kedudukan tembakan Manolo Gabbiandi melewati tangan kiper Cagliari Michael Agazzi.

Tendangan bebas Daniele Conti pada menit pertama masa tambahan waktu membawa tuan rumah kembali unggul, namun bek Sampdoria De Silvestri menyarangkan gol dua menit berselang untuk mengamankan satu angka.

Hasil ini memberi ruang bernafas bagi pelatih Rossi, yang berada di bawah tekanan kuat setelah start buruk di musim ini di mana mereka kalah 0-3 pada derby Genoa pekan lalu.

Chievo tertinggal terlebih dahulu ketika pemain Udinese kelahiran Brazil mencetak gol pada menit pembuka menyusul kekacauan di lini belakang, namun mereka mampu menyamakan kedudukan dengan cerdik pada menit ke-13 melalui penyelesaian Sergio Pellissier, yang berlari menyambut umpan terobosan Nicholas Frey dan melepaskan tembakan melewati Ivan Kevala.

Tendangan jarak jauh dari Luca Rigoni pada menit ke-40 menuntaskan pemainan bagus di babak pertama yang diperagakan Chievo dan, meski mereka berada di bawah tekanan pada sebagian besar babak kedua, itu sudah cukup untuk membawa mereka meraih tiga angka.

Terdapat dua pertandingan besar pada Minggu di mana tim peringkat kedua AS Roma ingin menjaga start 100 persen mereka dengan mengalahkan rival sekota Lazio di derby Roma (13.00 GMT), sedangkan Napoli berhadapan dengan Milan (19.45) pada pertandingan yang akan menguji tekad mereka menjadi juara musim ini.
(Uu.H-RF/I015)

Editor: Priyambodo RH
COPYRIGHT © ANTARA 2013