Medan (ANTARA News) - Jumlah warga Kabupaten Karo yang mengungsi akibat letusan Gunung Sinabung makin berkurang karena penduduk yang bertempat tinggal di luar radius 3 kilometer diperbolehkan kembali ke rumahnya.

Dalam pesan singkatnya, Minggu, Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho mengatakan jumlah warga yang masih mengungsi hanya 4.349 jiwa, sedangkan Sabtu kemarin 10.572 jiwa.

Jumlah pengungsi berkurang karena warga yang rumahnya berada di zona aman, yakni di luar radius 3 km, diperbolehkan kembali sejak Minggu siang tadi.

Pihaknya mencatat2.452 jiwa pengungsi dari sembilan lokasi pengungsian yang dipulangkan ke rumahnya.

Pemulangan pengungsi dilakukan dengan penyediaan 15 truk dari unsur TNI/Polri, BPBD Sumut, serta Satpol PP dan Dinas PU Pemkab Karo.

4.349 jiwa masih mengungsi di 12 titik pengungsian, sedangkan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) melaporkan kegempaan vulkanik Gunung Sinabung sudah menurun.

Meski demikian, larangan untuk beraktivitas di desa-desa yang berada dalam radius 3 km tetap diberlakukan untuk menghindari terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan.

Pewarta: Irwan Arfa
Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2013