Serang (ANTARA News) - Dua calon haji asal Kabupaten Serang, Banten, yang sebelumnya mengalami gangguan kesehatan, kini telah mendapat izin berangkat dan diperkirakan akan berangkat pada 3 Oktober bersama jamaah lain di Kloter 34.

"Memang dua calon haji ini beberapa hari lalu sakit dan terancam gagal berangkat, namun hari ini kami memastikan ia sudah sehat lagi," kata Kepala Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Serang Iskandar Bunyamin di Serang, Selasa.

Ia mengatakan, tetap berangkatnya dua calon haji itu ke Tanah Suci dipastikan setelah pihaknya melakukan tes kesehatan terhadap dua calon haji tersebut.

"Mereka berdua sudah dipastikan jadi berangkat ke Tanah Suci setelah keduanya dinyatakan layak dari segi kesehatan dan akan berangkat bersama sekitar 400 calon haji lainnya di Kloter 34 yang akan berangkat pada 3 Oktober," ujarnya.

Iskandar menjelaskan kedua calon haji tersebut sebelumnya mengajukan pengunduran jadwal keberangkatan karena kesehatannya terganggu. Namun seiring dengan berjalannya waktu dan hasil cek fisik, mereka dinyatakan layak berangkat sehingga dipastikan akan ikut berangkat.

"Sengaja kami tidak langsung mencoret kedua calon haji tersebut karena kami beranggapan masih ada kemungkinan sembuh dan berangkat. Setelah dinanti ternyata benar kondisi fisik keduanya sudah pulih dan siap berangkat," katanya menerangkan.

Menurut Iskandar untuk menghindari adanya calon haji yang sakit saat melaksanakan ibadah haji, pihaknya sudah mengimbau agar calon haji saat berada di Tanah Suci tidak membiarkan perut kosong. Kemudian juga tidak sekali-kali menyimpan jatah makan yang sudah disediakan sehingga menjadi beban jamaah haji.

"Makanlah jatah makanan yang telah disediakan. Kalau dikasih pagi makanlah pagi jangan disimpan untuk siang sehingga menjadi beban Jamaah Haji dengan membawanya kemana-mana. Jangan takut kehabisan makan karena sudah disediakan panitia berupa nasi kotak," ungkapnya.

Iskandar mengungkapkan, kondisi jamaah haji Kloter 3 asal Kabupaten Serang yang saat ini sudah berada di Tanah Suci, baik-baik saja.

"Jamaah haji yang sudah di Arab Saudi saat ini masih sehat belum ada laporan jamaah haji asal Kabupaten Serang yang mengalami sakit atau meninggal dunia," imbuhnya. 

Pewarta: Ridwan Ch
Editor: Fitri Supratiwi
COPYRIGHT © ANTARA 2013