Makkah (ANTARA News) - Kebijakan Pemerintah untuk meningkatkan kualitas bus (upgrade bus) bagi jamaah calon haji Indonesia membuat perjalanan dari Madinah ke Makkah menjadi nyaman dan masa perjalanan yang lebih singkat.

"Secara umum, upgrade bus telah dirasakan manfaatnya oleh jamaah," kata Kepala Daerah Kerja Makkah Arsyad Hidayat kepada Media Center Haji di Terminal Check Point Jumum, Arab Saudi, Senin (23/9) petang.

Menurut dia, waktu tempuh perjalanan Madinah-Makkah menjadi lebih cepat. “Dengan menggunakan bus-bus baru, waktu perjalanan Madinah-Makkah yang semula ditempuh sekitar 8 jam, sekarang bisa dalam 5-6 jam,” kata Arsyad.

Arsyad menjelaskan bahwa bus yang digunakan untuk mengangkut jamaah adalah bus yang baru dan bagus yang sudah dilengkapi dengan kursi yang dapat dibaringkan (reclining seat) dan ruang yang lebih luas, perlengkapan audio-visual, serta fasilitas wudlu dan toilet.

"Bus ini baru keluar pada Januari 2013," kata salah seorang pengemudi bus yang membawa kloter 6 jamaah haji Indonesia dari Embarkasi Makassar (UPG/6). Mereka adalah jamaah haji yang berasal dari Sorong Papua Barat.

“Busnya enak, ada toilet dan fasilitas untuk berwudlu. Kursinya juga lebar sehingga nyaman di perjalanan,” demikian pengakuan salah satu jamaah yang ditemui MCH Daker Makkah.

Salah satu kebijakan Pemerintah dalam meningkatkan pelayanan pada  penyelenggaraan haji 1434H/2013M  adalah upgrade layanan transportasi di tiga kota perhajian.

Upgrade
layanan transportasi tersebut adalah untuk rute Madinah–Makkah, Madinah–Jeddah, Makkah–Madinah, dan Makkah–Jeddah.



Pewarta: Fitri Supratiwi
Editor: Aditia Maruli Radja
COPYRIGHT © ANTARA 2013