Jakarta (ANTARA News) - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengajukan nama Komisaris Jenderal (Komjen) Sutarman sebagai calon Kepala Kepolisian RI menggantikan Jenderal Timur Pradopo.

"Tadi pagi, pukul 10.00 WIB, kami menerima surat dari Presiden SBY yang mengajukan nama Komisaris Jenderal Sutarman sebagai calon Kepala Kepolisian RI menggantikan Jenderal Timur Pradopo," kata Wakil Ketua DPR RI, Priyo Budi Santoso di Gedung DPR RI, Jakarta, Jumat.

Dengan diterimanya surat yang ditandatangani oleh Presiden SBY tersebut, DPR RI akan segera mengadakan rapat pimpinan guna membahas surat tersebut.

"Selanjutnya, pimpinan DPR RI akan menugaskan Komisi III DPR RI untuk melakukan uji kepatutan dan kelayakan terhadap Sutarman," kata Priyo. Ia berharap, uji kalayakan dan kepatutan terhadap Sutarman akan berjalan dengan baik.

"DPR merasa nyaman dengan Sutarman. Saya yakini DPR RI, khususnya Komisi III DPR RI tak ada masalah dengan Sutarman, semua akan lancar karena Sutarman termasuk baik, punya kapasitas, kapabilitas. Kita nyaman dengan figur Sutarman," kata Priyo.

Komjen Sutarman adalah mantan ajudan mantan Presiden KH Abdurahman Wahid, sebelum menjadi Kabareskrim Mabes Polri, Sutarman menjabat Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Metro Jaya. 

Pewarta: Zul Sikumbang
Editor: Fitri Supratiwi
COPYRIGHT © ANTARA 2013