PBB (ANTARA News) - Sekretaris Jenderal PBB Ban Ki-moon akan mengumumkan bahwa konferensi baru perdamaian Suriah akan diselenggarakan di Jenewa pada pertengahan November, kata para diplomat PBB.

"Ban akan mengumumkan bahwa telah ada tanggal tentatif pada pertengahan November," kata seorang diplomat seperti dilansir kantor berita AFP.

Utusan lain mengkonfirmasi tanggal itu setelah pertemuan antara Ban Ki-moon dengan Menteri Luar Negeri Inggris, China, Prancis, Rusia dan Amerika Serikat terkait krisis Suriah.

Konferensi perdamaian pertama diadakan pada Juni 2012, tetapi belum ada tindak lanjut karena ada perpecahan dalam oposisi Suriah dan masyarakat internasional.

Ban Ki-moon akan memulai kontak dengan utusan PBB untuk perdamaian Suriah Lakhdar Brahimi pekan depan mengenai pengaturan tanggal yang pasti dan siapa saja yang akan menghadiri pertemuan baru itu, kata para diplomat.

Konferensi 2012 di antara negara-negara besar setuju bahwa harus ada pemerintahan transisi di Suriah dengan kekuasaan eksekutif penuh.

Konferensi itu juga menentukan bahwa harus ada sebuah konferensi baru untuk memutuskan bagaimana kesepakatan itu dilaksanakan.

(G003)

Editor: Maryati
COPYRIGHT © ANTARA 2013