Jakarta (ANTARA News) - Politisi senior Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) AP Batubara menegaskan, FPDIP DPR mendukung anggota Fraksi Partai Demokrat (FPD) DPR Ruhut Sitompul sebagai ketua Komisi III DPR, karena seseuai kesepakatan antar-fraksi di DPR.

Anggota Dewan Pertimbangan Pusat (Deperpu) PDIP itu mengemuakan hal tersebut menjawab pers di Jakarta, Senin.

Menurut AP Batubara, PDIP tidak mempersoalkan figur yang akan menjadi ketua Komisi III DPR, tetapi FPDIP menaati atuaran yang menjadi kesepakatan antara fraksi-fraksi di DPR.

"Jadi kami pun dari PDIP meminta anggota fraksi lain yang tidak setuju, hendaknya dikembalikan mekanisme kesepakatan antarfraksi di DPR," katanya.

Ketika ditanya tentang adanya anggota fraksi lain yang mempersoalkan pribadi Ruhut Sitompul tersebut, AP Batubara mengatakan, hal tersebut merupakan ranah antara Ruhut dengan FPD di DPR.

"Bagi PDIP siapapun yang ditujuk FPD untuk meminpin Komisi III DPR harus dihormati dan didukung, karena itu sesuai kesepatan antarfraksi di DPR," ujarnya.

Sebelumnya diberitakan, anggota Komisi III dari FPDIP DPR Eva Kusuma Sundari mendukung Ruhut Sitompul sebagai ketua Komisi III DOPR, karena penetapan dilakukan kesepakatan fraksi. "Saya dan FPDIP mendukung kok," katanya.

Dijadwalkan pada pekan ini, rapat lanjutan untuk penetapan nasib Ketua Komisi III kembali digelar, yaitu pada 1 atau 2 Oktober 2013.

Seperti diberitakan, Ruhut Sitompul didaftarkan untuk menggantikan posisi Gede Pasek Suardika di Ketua Komisi III DPR dan diplenokan pada 24 September 2013. Namun, Ruhut gagal setelah penolakan datang dari anggota Komisi III fraksi lain. Wakil Ketua DPR Priyo Budi Santoso pun akhirnya memutuskan untuk menunda keputusan ini selama sepekan.(*)

Pewarta: Ruslan Burhani
Editor: Kunto Wibisono
COPYRIGHT © ANTARA 2013