Hanoi (ANTARA News) - Topan Wutip, yang menerpa Vietnam Tengah pada Senin sore, menewaskan tiga orang, melukai 35 orang lagi dan merusak lebih dari 95.000 rumah di wilayah tersebut.

Menurut laporan Komite Sentral bagi Pemantauan Banjir dan Topan pada Selasa, semua ketiga korban tewas di Provinsi Quang Binh sementara 35 orang yang cedera berasal dari Provinsi Ha Tinh, Quang Tri dan Thua Thien Hue.

Warga korban topan juga melaporkan banyak rumah rusak selain tanaman sementara pekerjaan prasarana terganggu.

Angin kencang menerjang dan hujan lebat mengguyur daerah itu sehingga mengganggu saluran listrik nasional, demikian laporan Xinhua.
 
Banyak rumah tak memperoleh pasokan listrik di beberapa provinsi di Vietnam Tengah. Hingga Senin malam, Vietnam Electricity Group memulihkan 20 persen pasokan listrik di sebagian besar provinsi Quang Binh, yang diterjang topan.

Komite Sentral juga memperingatkan mengenai permukaan air yang naik di sebagian besar sungai setempat, sehingga menambah besar resiko yang dihadapi bendungan pembangkit listrik. Pemerintah lokal berusaha menanggulangi keadaan dengan dukungan keuangan pemerintah pusat.

Hingga pukul 01.00 waktu setempat pada Selasa (01.00 WIB), Topan Wutip berada di Wilayah Laos Tengah. Dalam 12 jam ke depan, kekuatan topan tersebut diramalkan turun menjadi depresi tropis.

(C003)

Editor: Ella Syafputri
COPYRIGHT © ANTARA 2013