Nusa Dua, Bali (ANTARA News) - Sejumlah pemimpin ekonomi forum APEC dipastikan akan menghadiri KTT APEC 2013, di Bali, pada 7-8 Oktober, sekaligus melakukan kunjungan kenegaraan kepada Presiden Susilo Yudhyono.

Siaran pers Sekretariat APEC, di Nusa Dua, Bali, Sabtu, menyebutkan Presiden Korea Selatan, Park Geun-Hye, Perdana Menteri Kanada, Stephen Harper, dan Perdana Menteri Selandia Baru, John Key, adalah para peimpin APEC yang memastikan akan bertemu secara bilateral dengan Yudhoyono.

Park dijadwalkan akan tiba pada Minggu (6/10) dan baru pada 10 hingga 12 Oktober melanjutkan dengan kunjungan kenegaraan. sejumlah pemimpin ekonomi lainnya akan tiba adalah China, Taiwan, Meksiko. Sementara Yudhoyono sendiri akan tiba Sabtu sore (5/10).

Sementara itu, Presiden Peru, Ollanta Humama Tasso, mengatakan, dirinya akan mengikuti sejumlah pertemuan dengan anggota APEC lewat pertemuan bilateral, khususnya dengan Korea Selatan, dan China.

"Peru ingin sekali meningkatkan hubungan strategis dan perdagangan dengan anggota APEC dan juga Indonesia," kata Ollanta Tasso yang juga akan bertemu bilateral dengan Yudhoyono.

Ollanta Tasso mengatakan, menjalin kegiatan perdagangan dengan ekonomi APEC tidak sekedar memperoleh akses pasar yang besar, tetapi juga inin menjalankan kebijakan pertukaran di berbagai bidang.

Menteri Luar Negeri Amerika Serikat, John Kerry, telah datang Jumat (4/10) untuk menghadiri pertemuan tingkat menteri APEC. Pada pertemuan puncak 7-8 Oktober Kerry juga akan mewakili Presiden Barack Obama, yang berhalangan datang karena harus mengatasi krisis anggaran di tubuh pemerintah AS.

Pewarta: Benny S Butarbutar
Editor: Ade P Marboen
COPYRIGHT © ANTARA 2013