Nusa Dua (ANTARA News) - Telkomsel bersinergi dengan Telkom Group melakukan penambahan kapasitas jaringan, uji coba 4G Long Term Evolution (LTE) serta menyediakan layanan berkualitas untuk menyukseskan putaran KTT APEC 2013, pada 1-8 Oktober ini. 

"Sebagai operator terbesar di Indonesia dan sebagai perusahaan milik bangsa Indonesia, Telkom memiliki tanggung jawab turut menyukseskan KTT APEC 2013," kata Direktur Utama Telkomsel, Alex J Sinaga, di Nusa Dua, Bali, Sabtu.

Dengan demikian, pihaknya terlah melakukan persiapan untuk memastikan kebutuhan layanan komunikasi dalam penyelenggaraan KTT APEC 2013 dapat dilayani maksimal.

Kesiapan jaringan saat ini, pihaknya terus menjaga performasi 2G dan 3G selama KTT APEC berlangsung. Telkomsel telah menyiapkan 1.344 BTS dan meningkatkan lingkupan, kapasitas, dan kapabilitas di lokasi. 

Selain itu, digelar sebanyak 1.400 titik akses flashzone-seamless di lokasi yang strategis sehingga pelanggan dapat memperoleh layanan dengan kualitas yang prima.

Pada KTT APEC 2013 ini, Telkomsel siap menyediakan akses telekomunikasi berkecepatan tinggi bagi para delegasi dan peserta yang berasal dari berbagai negara di belahan dunia lewat jaringan 4G LTE.

"Uji coba 4G LTE yang dilaksanakan bertepatan dengan kegiatan internasional, menunjukkan keseiapan Telkomsel dalam pengembangan pita lebar di Indonesia," ujarnya.

Menurut dia, uji coba tersebut juga menunjukkan kepada dunia global bahwa Indonesia tidak tertinggal dalam implementasi teknologi terbaru dan siap untuk masuk ke era baru.

Dalam uji coba 4G LTE itu di pita 1800 MHz selebar 5Mhz pada KTT APEC, Telkomsel menggelar sebanyak 39 enodeb (BTS 4G LTE) dengan cakupan seluruh lokasi strategis pelaksanaan kegiatan tersebut, yakni Bandara Ngurah Rai, Bali Nusa Dua Convertion Ceter (BNDCC), Bali Internasional Convention Center (BICC), Hotel Sofitel, dan sepanjang jalan utama menuju kawasan Nusa Dua, Kabupaten Badung.

Pewarta: Wira Suryantala
Editor: Ade P Marboen
COPYRIGHT © ANTARA 2013