Berlin (ANTARA News) - Borussia Dortmund lengser dari puncak klasemen setelah secara mengejutkan kalah 0-2 dari Borussia Moenchengladbach pada laga yang diwarnai oleh diusirnya bek timnas Jerman Mats Hummels.

Posisi Dortmund akan diambilalih oleh antara tim asuhan Pep Guardiola Bayern Munchen atau tim besutan Sami Hyypia Bayer yang masing-masing menempati peringkat kedua dan ketiga klasemen Bundesliga, dan akan saling berhadapan malam ini.

Disemangati kemenangan menawan 3-0 di Liga Champions atas Marseille, Dortmund sepertinya akan menggapai kemenangan tandang sampai kemudian Hummels dikartumerahkan wasit akibat mengganjal pemain Gladbach asal Norwegia Havard Nordtveit.

Striker timnas Jerman Max Kruse sukses mengeksekusi tendangan penalti, lalu penyerang Brazil Raffael menjaringkan gol kedua dalam tempo empat menit, untuk membawa Gladbach ke peringkat empat.

Sementara itu, Schalke 04 bangkit untuk membalikkan keadaan dengan menang 4-1 dari Augsburg di Gelsenkirchen yang harus bermain sepuluh orang.  Schalke pun bergerak ke peringkat delapan.

Schalke tertinggal lebih dulu setelah striker Augbsurg Sascha Moelders melepaskan tendangan volley yang gagal dibendung kiper Schalke Timo Hildebrand ketika laga baru 10 menit berjalan.

Enam menit kemudian bek Augsburg Ragnar Klavan dikartumerahkan karena menjatuhkan striker Schalke asal Hongaria Adam Szalai.  Gelandang Ghana Kevin-Prince Boateng sukses mengeksekusi tendangan penalti.

Szalai lalu membawa timnya berbalik unggul setelah mengonversi umpan bek kanan asal Jepang Atsuto Uchida pada menit 28, sebelum kemudian menciptakan gol keduanya usai memanfaatkan umpan bek kiri timnas Jerman Dennis Aogo.

Gelandang berusia 18 tahun Max Meyer kemudian menciptakan gol keempat Schalke.

Pada laga lain, VfB Stuttgart turun ke peringkat tujuh setelah seri 1-1 melawan Werder Bremen, sedangkan Hoffenheim bertahan di peringkat 10 setelah seri 2-2 melawan Mainz.

Eintracht Braunschweig yang berada di dasar klasemen mencetak kemenangan pertamanya musim ini setelah memetik kemenangan 2-0 atas VfL Wolfsburg.

Gelandang Karim Bellarabi mencetak gol pertama, sedangkan penyerang asal Kongo Domi Kumbela menciptakan gol kedua.

Kemenangan ini menaikkan posisi Braunschweig di atas Freiburg yang akan menjamu Frankfurt esok Minggu.

Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2013