Makkah (ANTARA News) - 16 anggota DPR RI tiba di Makkah, Arab Saudi untuk meninjau sejumlah pelayanan yang diberikan kepada jemaah haji Indonesia.

Menurut rencana, para anggota DPR tersebut, Minggu esok antara lain akan meninjau pelayanan katering untuk kegiatan ibadah di Armina (Arafah, Muzdalifah dan Mina), layanan kesehatan dan transportasi.

Terkait pelayanan transportasi, Wakil Ketua DPR M Shohibul Iman, dalam rapat di Daerah Kerja Makkah, menghargai upaya pemerintah dalam meningkatkan layanan transportasi jemaah.

"Kami sudah berbincang-bincang dengan jemaah, umumnya mereka sangat mengapresiasi dan sangat menikmati fasilitas transportasi yang sekarang disediakan buat mereka," kata Shohibul Iman yang memimpin rombongan anggota DPR tersebut.

Namun, katanya, ada pula keluhan dari jemaah yang tidak mengetahui bus yang disediakan itu khusus disiapkan bagi jemaah Indonesia.

"Ternyata mereka itu tidak tahu kalau busnya ditujukan buat mereka. Mereka menyangka bus bersama dengan jemaah negara lain. Akibatnya mereka banyak terusir oleh penumpang dari negara lain," ujarnya.

Selain Komisi VIII yang membidangi agama, anggota DPR yang datang ke Makkah adalah anggota Komisi V terkait transportasi dan Komisi IX yang berhubungan dengan masalah kesehatan.

Pewarta: Fitri Supratiwi
Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2013