Nusa Dua, Bali (ANTARA News) - Menteri Luar Negeri Amerika Serikat, John Kerry, sempat bercanda ketika menyampaikan maaf boss-nya, Presiden Amerika Serikat, Barack Obama, yang tidak bisa hadir pada KTT APEC 2013, di Nusa Dua, Bali.

"Anda semua tahu pada 2004 saya pernah mencoba untuk menggantikan seorang presiden, tetapi bukan kejadian ini yang saya maksud," kata Kerry, sebelum menyampaikan pidatonya di hadapan para CEO APEC 2013, Senin.

Pada 2004, politikus senior asal Partai Demokrat itu memang pernah bersaing dengan George W Bush dalam pemilihan presiden Amerika Serikat. Namun, kalah tipis dari Bush, yang melancarkan invasi ke Irak itu.

Dalam pidatonya Kerry kembali menegaskan komitmen Amerika Serikat terhadap kawasan Asia Pasifik yang dia anggap sangat dekat dengan negeri Paman Sam itu.

"Apa yang terjadi di Washington tidak lebih dari sekadar dinamika politik, saya ingin menegaskan tidak ada yang dapat mengguncang komitmen Presiden Obama terhadap Asia Pasifik," kata Menlu AS itu.

Menurut Kerry, kedekatan negaranya dengan kawasan Asia Pasifik tercermin dari latar belakang sejarah, politik, ekonomi, dan budaya.

"Kami sangat terhubung dengan wilayah ini, bahkan 10 besar mitra dagang AS separuhnya adalah ekonomi APEC," tegas Kerry.

Kerry yang tiba di Bali sejak pertemuan tingkat menteri APEC itu sebelumnya menilai Indonesia mitra strategis dan penting di kawasan Asia Pasifik.

Kerry juga menilai APEC landasan pertumbuhan ekonomi kawasan, terutama untuk mengurangi hambatan, serta menjadikannya lebih dekat di antara sesama anggota kawasan dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi sekaligus keamanan kawasan.

Pewarta: Panji Pratama
Editor: Ade P Marboen
COPYRIGHT © ANTARA 2013