Jakarta (ANTARA News) - Angka kematian seluruh jamaah haji asal Indonesia pada tahun ini mengalami penurunan dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya.

Menurut Direktur Jenderal Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (P2PL) Kementerian Kesehatan, Tjandra Yoga Aditama, hingga 7 Oktober 2013, angka rasio kematian jamaah haji Indonesia adalah 0,23 kematian per seribu jamaah.

Angka ini lebih kecil dibandingkan kondisi musim haji sebelumnya yaitu 0,44 per seribu jamaah pada tahun 2012 dan 0,33 per seribu jamaah pada tahun 2011.

"Klinik kesehatan di bandara berfungsi baik di bangunan oktagon, dilengkapi dokter spesialis dan petugas mahir serta alat memadai dan obat pun amat cukup tersedia," kata Tjandra dalam pernyataannya di Jakarta, Rabu, usai melakukan peninjauan ke Bandara King Abdul Aziz Jeddah.

Beberapa jenis pasien dengan penyakit berat/parah yang pernah ditangani petugas kesehatan haji sejauh ini, disebut Tjandra, meliputi gangguan jantung, gagal pernapasan, serta gangguan ginjal.

Pewarta: Arie Novarina
Editor: Ella Syafputri
COPYRIGHT © ANTARA 2013