Moskow (ANTARA News) - Ayah Edward Snowden, pembocor rahasia intelijen Amerika Serikat, Kamis, terbang ke Moskow dengan harapan bertemu dengan anaknya.

Berbicara kepada media massa di bandara Moskow, Lon Snowden, seperti yang disiarkan saluran televisi Rossiya-24, mengatakan bahwa ia meragukan anaknya, yang telah diberi suaka sementara di Rusia, akan kembali ke Amerika Serikat.

"Saya tidak tahu apa niatnya, tetapi sejak ia tiba di Rusia, pemahaman saya adalah bahwa dia hanya berusaha untuk tetap sehat dan aman dan dia tidak ada hubungannya dengan cerita masa depan," kata Lon Snowden, sang ayah, dalam komentar siaran di saluran berita televisi berbahasa Inggris milik negara Rusia RT.

Lon Snowden tiba di Bandara Sheremetyevo, Moskow, di mana anaknya menghabiskan beberapa pekan di dalam zona transit sebelum mengajukan permohonan suaka pada Juli.

Namun Edward Snowden tidak terlihat di bandara.

Snowden, seorang spesialis komputer dan mantan karyawan Badan Keamanan Nasional AS, melarikan diri dari Amerika Serikat karena ia membocorkan bukti yang diklasifikasikan program pengawasan pemerintah AS kepada media.

Pengacara Rusia Edward Snowden, Anatoly Kucherena, mengatakan bahwa Lon Snowden akan tinggal di Rusia sebagai tamu dan berjanji untuk menyediakan akomodasi, keamanan dan hal-hal lain yang diperlukan untuk membuatnya tinggal senyaman mungkin.

Kucherena mengatakan, kerabat lainnya dari Edward Snowden mungkin juga akan datang untuk mengunjungi Rusia, tetapi ia menolak untuk memberikan rincian, demikian laporan RIA Novosti.


Penerjemah: Askan Krisna

Editor: Heppy Ratna Sari
COPYRIGHT © ANTARA 2013