Washington (ANTARA News) -  Tiga hari kerja terakhir sebelum tenggat Departemen Keuangan AS 17 Oktober nanti untuk menaikkan plafon utang, para pemimpin Republik dan Demokrat mulai menunjukkan hasrat untuk mengakhiri penghentian operasi pemerintah (shutdown) yang sudah berlangsung selama dua pekan, sekaligus memupus ancaman gagal bayar (default).

Pemimpin mayoritas Senat dari Demokrat, Harry Reid, yang adalah kepanjangan tangan Obama di Kongres, mengakui sudah menyelenggarakan pembicaraan santun dengan senator Republik Mitch McConnell yang adalah pertama kalinya mereka berdiskusi selama krisis fiskal ini.

Reid mengatakan tidak ada kesimpulan dalam pertemuan itu, namun dia menekanan bahwa pertemuan itu menyampaikan isyarat positif di tengah sengitnya pertarungan di Capitol Hill.

"Kami tengah berupaya memetakan langkah ke depan," kata dia seperti dikutip AFP.

Sedangkan orang kedua kubu Republik di Kongres John Cornyn menggambarkan pertemuan itu sebagai "kemajuan signifikan", namun  hambatan besar diakuinya masih terbentang.

Tapi Reid menepis penyelesaian instan, sedangkan McConnell menyebut-nyebut tawaran bipartisan sebagai kerangka menuju kesepakatan seperti diusulkan senator moderat Republik Susan Collins.

Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2013