Johannesburg (ANTARA News) - Pemain penyerang Burkina Faso Aristide Bance melesakkan tendangan penalti yang kontroversial pada sisa waktu empat menit untuk mengamankan kemenangan tandang 3-2 atas Aljazair dalam pertandingan pertemuan (leg) pertama babak play off Piala Dunia 2014 zona Afrika di Ouagadougou, Sabtu.

Tendangan penalti Bance pada babak pertama dapat diamankan kiper Aljazair tetapi dia dengan berani kembali melakukannya pada menit ke-86 serta memberi tim Burkinabe-nya itu keunggulan tipis bagi leg kedua di Blida pada 19 November, yang akan menentukan siapa yang akan merebut satu tempat ke putaran final Piala Dunia di Brazil tahun depan.

Penalti itu diberikan karena terjadi "handball" menurut penjaga garis namun tayangan televisi menunjukkan lengan bek Essaid Belkalem jelas berada di belakang punggungnya dan memblokir tembakan itu dengan dadanya.

Aljazair dua kali tertinggal namun berhasil menyamakan kedudukan pada babak kedua melalui tembakan Sofiane Feghouli dan Carl Medjani.

Pertandingan Sabtu itu merupakan laga pertama dari lima pertandingan leg pertama pada babak play off Piala Dunia 2014 zona Afrika yang akan dilanjutkan hari Minggu dan Selasa mendatang.

Pertandingan lain pada Sabtu, Pantai Gading mengalahkan tim tamu Senegal 3-1, sementara pada Minggu Ethiopia dijadwalkan menjamu Nigeria dan Tunisia bermain melawan tim tamu Kamerun, sebelum Ghana bertemu Mesir pada Selasa (15/10).
(A016/C003)

Editor: Tasrief Tarmizi
COPYRIGHT © ANTARA 2013