Karawang (ANTARA News) - Sekitar 2.781 tenaga kerja honorer di Kabupaten Karawang, Jawa Barat, meminta kenaikan status menjadi pegawai negeri sipil karena pengabdian mereka sudah cukup lama bahkan ada yang sudah mengabdi selama 20 tahun.

Sekretaris Aliansi Honorer Kategori II Karawang Agus Sopyan, Senin, mengatakan, pihaknya tidak meminta lebih kepada pemerintah daerah setempat.

"Mereka sudah lulus verifikasi dan validasi data dari BKN (Badan Kepegawaian Nasional). Jadi ribuan tenaga honorer di Karawang ini meminta kenaikan status menjadi PNS," katanya.

Dikatakannya, setelah ada pengumuman dari pemerintah pusat mengenai penerimaan CPNS dari jalur khusus (tenaga honorer) maka para tenaga honorer itu akan turut serta.

"Mereka siap mengikuti rangkaian tes, agar masuk dalam seleksi CPN yang akan digelar bulan depan," kata dia.

Sebanyak 2.781 tenaga honorer itu sendiri terdiri atas 1.334 guru honorer, sembilan orang penjaga sekolah dan 447 tenaga teknis dan penyuluh di sejumlah instansi.

"Menjelang tes ini, ribuan tenaga honorer telah mengupayakan untuk menambah wawasan. Terutama, wawasan mengenai kebangsaan. Sebab, nanti akan ada tes kompetensi dasar dan tes kompetensi bidang," kata Agus. (MAK/Z002)

Pewarta: M. Ali Khumaini
Editor: Kunto Wibisono
COPYRIGHT © ANTARA 2013