Pacitan (ANTARA News) - Kunjungan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono di Kabupaten Pacitan, Jatim mendapat sambutan meriah dari segenap warga, terutama di jalur perlintasan yang dilalui orang nomor satu di Indonesia tersebut mulai dari perbatasan Jateng hingga Kota Pacitan.

Koresponden Antara di Pacitan, Selasa melaporkan, kemeriahan terlihat sejak iring-iringan kendaraan RI-1 mulai masuk kawasan Glonggong yang berada di jalur perbatasan Jateng-Jatim, sekitar pukul 15.00 WIB hingga sejumlah titik lokasi kunjungan presiden di Pantai Klayar dan Kota Pacitan.

Belasan ribu warga bahkan rela berjubel di belakang ribuan siswa-siswi SD hingga SMA yang telah lebih dulu memadati pinggir-pinggir jalan raya rute kedatangan sang presiden.

Para peserta didik dari berbagai jenjang usia dari sekolah-sekolah yang ada di tiga wilayah kecamatan itu bahkan serentak memainkan kesenian tradisional "rontek", sebuah permainan musik sejenis angklung dengan bahan baku bambu yang diikuti nyanyian secara bersama-sama.

Kepadatan juga terlihat di pertigaan ruas KUA Kecamatan Punung. Warga masyarakat tampak membludak memenuhi trotoar untuk menyapa kepala negara yang saat itu langsung menuju Pantai Klayar.

"Presiden beserta ibu Ani (Yudhoyono) sempat berkunjung sejenak untuk melihat keindahan obyek wisata Pantai Klayar sebelum kemudian melanjutkan kunjungan kerja ke Kota Pacitan," jelas Kepala Bagian Humas dan Protokol Pemerintah Kabupaten Pacitan, Putatmo Sukandar.

Sesuai rencana, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dijadwalkan melakukan kunjungan kerja selama tiga hari di tanah kelahirannya, Kabupaten Pacitan.

Sejumlah agenda yang telah disiapkan bagian keprotokolan presiden antara lain adalah peresmian sejumlah proyek nasional, seperti Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) di Kecamatan Sudimoro, Gelanggang Olahraga di Kota Pacitan, dan Akademi Komunitas Pacitan, hingga Masjid Agung Darul Falah di pusat Kota Pacitan.

"Beliau juga akan menghadiri lomba cipta lagu SBY," terang Kepala Penerangan Komando Resor Militer 081/Dirotsaha Jaya (DSJ), Mayor (Inf) Budi Yuwono. (*)

Pewarta: Slamet Agus Sudarmojo
Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2013