Tokyo (ANTARA News) - Pemain internasional Jepang, Keisuke Honda, akan menandatangani kontrak dengan AC Milan bila ikatan kerjanya dengan juara Rusia CSKA Moscow berakhir pada 31 Desember mendatang, demikian dilaporkan Kamis.

Dokumen yang berkaitan dengan transfer bebasnya ke klub raksasa Eropa itu sudah diajukan kepada yang berwenang di sepak bola Italia, demikian dilaporkan harian Sports Nippon.

Wakil Ketua AC Milan Adriano Galliani baru-baru ini menyatakan bahwa klub Serie A itu "secara resmi sudah mengikat kontrak dengan Honda, mereka sudah mengumpulkan dokumen", lapor harian Jepang itu mengutip pernyataan yang sumber yang dapat dipercaya.

Bila CSKA Moscow mengeluarkan sertifikat transfer bagi Honda, maka ia otomatis terdaftar sebagai pemain AC Milan, kata sumber itu kepada Sports Nippon.

AC Milan gagal mengontrak pemain menyerang berusia 27 tahun itu -- yang membantu Jepang maju ke putaran 16 besar Piala Dunia 2010 -- pada musim panas lalu. Klub Rusia itu dilaporkan menginginkan dana sebesar lima juta euro (6,7 juta dolar AS) sebagai uang transfer Honda.

Setelah hampir empat tahun bersama penyandang gelar juara Rusia, Honda kini diincar beberapa klub besar Eropa, sementara pemain itu akan mengikuti Piala Dunia di Brazil. Ia disebut-sebut diincar beberapa klub Liga Utama Inggris.

Jika ikatan kerja dengan klub Eropa itu tidak jadi terlaksana, Honda mengatakan kepada media bahwa ia "memiliki beberapa opsi" bila kontraknya berakhir dengan klub Moskow itu.

Minggu lalu dilaporkan bahwa Tottenham akan mengikat kontrak Honda Januari mendatang.

Juventus, Monaco dan Liverpool merupakan klub-klub yang menginginkan Honda bergabung bersama mereka, demikian AFP melaporkan.

(SYS/A008/A016)

Editor: Suryanto
COPYRIGHT © ANTARA 2013