Tokyo (ANTARA News) - Bursa saham Tokyo berakhir menguat 0,83 persen pada Kamis, karena investor menyambut kesepakatan menit terakhir untuk membuka kembali pemerintah AS dan menghindari bencana gagal bayar (default) utang.

Indeks Nikkei 225 naik 119,37 poin menjadi ditutup pada 14.586,51, sementara indeks Topix dari seluruh saham papan utama bertambah 0,79 persen atau 9,47 poin menjadi 1.206,25.

"Persetujuan kesepakatan utang menghilangkan ketidakpastian, yang baik untuk pasar," kata Keisuke Shirasuka, kepala fund manager di Mitsubishi UFJ Asset Management.

Tokyo mendapat dorongan kuat dari Wall Street di mana Dow reli 1,36 persen menjadi 15.373,83 di tengah berita bahwa anggota parlemen AS telah mencapai kesepakatan menit terakhir untuk mengakhiri penutupan kegiatan (shutdown) pemerintah dua minggu dan menaikkan pagu utang AS.

Itu diikuti oleh Kongres AS yang meloloskan rancangan undang-undang (RUU) pada Rabu malam, menghindari gagal bayar utang.

Para investor menarik napas lega ketika para senator Republik dan Demokrat mencapai kompromi anggaran setelah berminggu-minggu bergulat dengan perdebatan sengit di Capitol Hill yang mengundang pertanyaan tentag kredibilitas Washington dengan kreditur internasional, termasuk China dan Jepang.

Pasar global telah gelisah selama krisis politik AS, yang melihat Demokrat menolak menyerah pada tuntutan Partai Republik untuk anggaran baru dengan memasukkan pemotongan anggaran untuk RUU Kesehatan yang diusung Presiden Barack Obama.

Tetapi dengan hanya beberapa jam sebelum batas waktu Kamis untuk meningkatkan pagu utang, para pemimpin partai di Senat mencapai kesepakatan untuk membuka kembali pemerintah yang ditutup pada 1 Oktober, sementara memperpanjang pagu utang sampai tahun baru.

Namun, beberapa analis mencatat bahwa kesepakatan Rabu hanya solusi sementara.

"Drama anggaran/pagu utang muncul di atas untuk saat ini," kata Credit Agricole.

"Kami memiliki perpanjangan jangka pendek tetapi kemungkinan akan berada dalam situasi `krisis` serupa pada awal tahun depan ... Sulit untuk bersikap optimis pada setiap solusi mudah dalam negosiasi yang akan berlangsung selama beberapa bulan ke depan."

Nissan mengakhiri hari naik 2,20 persen menjadi 1.022 yen dan Honda naik 1,15 persen menjadi 3.950 yen. Toyota merosot 0,31 persen menjadi 6.340 yen.

Sony naik 0,20 persen menjadi 1.938 yen, Canon menambahkan 0,32 persen pada 3.120 yen, sementara Panasonic turun 1,58 persen menjadi 932 yen.

Di pasar uang, dolar menguat menjadi 99 yen pada perdagangan pagi di Tokyo -- dari 98,79 di New York pada Rabu -- sebelum menetap kembali ke 98,45 yen pada sore, demikian AFP.

(A026)

Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2013