Roma (ANTARA News) - Dua klub Liga Italia yang paling banyak mengeluarkan uang di bursa transfer, AS Roma dan Napoli, akan bertarung pada Jumat malam (18.45 GMT), pada pertandingan yang akan menarik minat publik internasional sebagai "menu pembuka" pertandingan-pertandingan sepak bola domestik akhir pekan ini.

Pertandingan itu mempertemukan dua tim yang penampilannya pada awal musim telah menaikkan gairah terhadap liga secara umum, dan menantang dominasi Juventus, juara pada dua musim terakhir.

Tuan rumah sekaligus pemuncak klasemen Roma menorehkan awal mengagumkan di bawah asuhan pelatih Rudi Garcia, dengan memenangi ketujuh pertandingan liga, mencetak 20 gol dan hanya kemasukan satu gol.

Menurut Reuters, dalam dua pertandingan terakhir mereka memperlihatkan ketajamannya, di mana mereka menang 5-0 atas Bologna dan menundukkan Inter Milan dengan skor 3-0 di San Siro.

Napoli, di bawah asuhan mantan pelatih Chelsea, Inter, dan Liverpool Rafael Benitez hanya tertinggal dua angka, di mana hanya imbang di kandang saat menghadapi juru kunci Sassuolo, menjadi satu-satunya "noda" pada rekor 100 persennya dan mereka memiliki koleksi 18 gol.

"Jutaan orang di seluruh dunia akan menyaksikan pertandingan ini," kata presiden Napoli Aurelio De Laurentiis, produser film yang mengatakan dirinya akan menyaksikan pertandingan itu dari New York karena ia sedang mengadakan kunjungan ke sana.

"Napoli tidak pernah takut terhadap siapapun karena kami memiliki pelatih hebat dan pemain-pemain hebat. Saya pikir `scudetto` akan menjadi persaingan tiga kuda, meski saya berharap (tim-tim) yang lain seperti Inter Milan dan Fiorentina dapat bergabung."

"Saya berharap ini merupakan pertarungan yang beradab, fokus pada rasa menghormati di dunia olah raga yang maksimal, baik di lapangan dan di tribun dan saya meminta kepada para penggemar kami untuk menjadi luar biasa seperti yang selalu mereka lakukan, baik saat kami menang, kalah, atau seri."

Napoli menghabiskan sekitar 86 juta euro di bursa transfer sepanjang musim panas, di mana 37 juta euro dikeluarkan untuk mendatangkan penyerang Gonzalo Higuain dari Real Madrid.

Bagaimanapun, De Laurentiis menegaskan bahwa mereka masih mendapat keuntungan dari bursa transfer berkat uang sebesar 64 juta euro yang mereka terima dari Paris Saint Germain untuk penjualan penyerang asal Uruguay Edinson Cavani.

"Kami telah memperlihatkan bahwa Napoli dapat menciptakan sesuatu yang positif," kata De Laurentiis. "Kami merupakan salah satu dari sedikit klub yang sekarang berada dalam (tinta) hitam."

Roma, yang dipimpin oleh penyerang senior Francesco Totti, merupakan klub dengan pembelian terbesar kedua dan dapat menciptakan perbedaan dari penampilan mengecewakan musim lalu, di mana mereka hanya mampu mengakhiri musim dengan menduduki peringkat keenam.

Sayangnya, Liga Italia terpaksa memajukan pertandingan menjadi Jumat, hanya tiga hari setelah kualifikasi Piala Dunia, karena pawai protes yang akan berlangsung di ibukota pada Sabtu.

Sebagai hasilnya, sejumlah pemain yang terlibat pada pertandingan-pertandingan di Amerika Selatan baru dapat tiba di hari berlangsungnya pertandingan.

Juventus, yang memiliki koleksi nilai yang sama dengan Napoli yakni 19 angka, menghadapi tim peringkat keenam Fiorentina pada Minggu (13.00 GMT).

Mereka tidak akan diperkuat dua penyerang Fabio Quagliarella, yang harus absen tiga pekan karena cedera otot paha, dan Mirko Vucnic, yang juga cedera, sehingga Sebastian Giovinco atau Fernando Llorente akan mendampingi Carlos Tevez di lini depan.

AC Milan, yang akan menjamu Udinese pada Sabtu, diwajibkan menjalani pemusatan latihan oleh pelatih Massimiliano Allegri setelah awal buruk di mana mereka hanya mendulang delapan angka dari tujuh pertandingan.

"Itu bukan hukuman," kata ketua eksekutif Adriano Galliani kepada stasiun televisi resmi klub.

"Kami mengatakan kepada para pemain dan staf pelatih bahwa Milan tidak dapat senang dengan peringkat ke-12 di Liga Italia. Mereka harus berkonsentrasi dan tetap bersatu, sehingga `ritiro` terlihat sebagai opsi terbaik," kata Andriano dikutip Reuters.

(SYS/H-RF/I015)

Editor: Suryanto
COPYRIGHT © ANTARA 2013