London (ANTARA News) - Tiga wartawan dari media ternama Rusia meliput objek wisata di Sumatra dan Belitung selama 2-11 Oktober 2013.

Sekretaris II Pensosbud KBRI Moskow, Pratomo AN kepada ANTARA mengemukakan para jurnalis tersebut berangkat bersama empat tour operator Rusia dalam  familiarization trip (fam trip).

Famtrip dengan  konsep "Beyond Bali" tersebut mengajak peserta untuk menikmati keindahan Indonesia, bukan hanya dari segi leisure namun adventure.

Dimulai dari mengunjungi pulau-pulau di negeri Laskar Pelangi (Belitung) dan dilanjutkan dengan berkelana ke kota Medan, Berastagi, Bukit Lawang, dan diakhiri dengan menikmati keindahan Pulau Samosir.

"Saya sudah beberapa kali mengunjungi Bali dan Bali membuat saya merasa seperti di surga. Perjalanan kali ini membuat saya sangat penasaran, karena saya akan melihat sisi lain Indonesia," kata Natalya Antonovich dari surat kabar Komsomolskaya Pravda, yang mempunyai oplah terbesar di Rusia.

Dirinya mengaku tak menyangka  akan melihat orang utan di Sumatra, pulau yang dilihatnya hanya dari film dokumenter di sekolah ketika era Uni Soviet.

Radmila Mironova dari Emirates Holiday kagum dengan keindahan pasir putih di Pulau Tanjung Kelayang, Belitung.

Dia memberi masukan agar ada  spa di Belitung sehingga daya tarik pasir putih Belitung terasa lengkap.

Dikatakannya turis Rusia sangat menyukai matahari dan pantai sehingga  rela mengeluarkan biaya yang tidak sedikit demi menikmati keindahan pantai serta merasakan sengatan matahari.

"Kebanyakan turis wanita Rusia yang akan datang berlibur ke Asia untuk menikmati spa serta jasa relaksasi yang ditawarkan resort, sayangnya saya belum menemukan hal tersebut di Belitung," ujarnya.

Program famtrip tersebut merupakan salah satu kegiatan tahunan penting yang diprakasai Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif bekerjasama dengan Kedutaan Besar Republik Indonesia, Moskow.

Famtrip bertujuan memperkenalkan destinasi pariwisata Indonesia kepada jurnalis dan tour operator di Rusia yang pada akhirnya berujung pada peningkatan jumlah wisatawan Rusia ke Indonesia.

Wisatawan Rusia berkunjung ke Indonesia merupakan tergolong kelas atas. Jumlah wisatawan Rusia ke Indonesia tahun 2012 tercatat sebanyak 95.000 orang.

Angka ini meningkat lima persen dari tahun sebelumnya sebanyak 90.899 orang. Diharapkan target turis yang datang ke Indonesia untuk tahun 2013 akan mencapai 110.000 orang.



Pewarta: Zeynita Gibons
Editor: Aditia Maruli Radja
COPYRIGHT © ANTARA 2013