Manchester (ANTARA News) - Krisis menerpa Manchester United (MU). Krisis menyambangi skuad "The Red Devils", dan serta merta pandangan terarah seraya tudingan tertuju kepada pelatih tim elite Liga Inggris (Premier League), David Moyes.

Laga melawan Real Sociedad disebut-sebut sebagai asa mengerek adrenalin punggawa Setan Merah agar dapat lebih berbicara lantang di Benua Biru.

Manchester United akan meladeni Real Sociedad dalam laga Liga Champions yang digelar di Stadion Old Trafford, pada Kamis dini hari. Laga akan ditayangkan SCTV dalam siaran tunda pada pukul 04.00 WIB.

Moyes didakwa kurang mujarab menebar virus kemenangan. Dari 10 laga di semua kompetisi, Van Persie dan kawan-kawan hanya mampu menjalakan 16 gol.

Manchester United bahkan tampil tanpa greget di ajang Liga Inggris ketika ditahan imbang 1-1 oleh Southampton, pada Sabtu pekan lalu (19/10).

Ketika merespons krisis yang melanda kubu United, mantan pemain skuad Setan Merah, Gary Neville menyatakan Moyes perlu membenahi lini gelandang yang selama ini tampil lamban.

Penampilan Fellaini kurang memberi kontribusi positif. Pemain asal Belgia ini tidak juga menawan hati para pendukung setia skuad Manchester United.

Tampil tandem bersama Carrick, ternyata lini tengah United terkesan melempem saja. Masih perlu sosok yang mampu melumasi pergerakan di lini tengah, apalagi yang dihadapi tim sekelas Real Sociedad.

Tim asal La Liga itu sudah tiba di Manchester. Penampilan mereka selama musim ini terkesan semenjana saja dengan menempati peringkat tengah di klasemen kompetisi Liga Spanyol.

Sejarah kurang berpihak kepada Manchester United. Dalam enam perjumpaan kontra klub-klub La Liga di Old Trafford, pasukan MU hanya mampu mengoleksi satu kemenangan, saat menghempaskan Barcelona, 1-0 di semifinal Liga Champions pada musim 2007/2008.

Lagi-lagi, dalam dua pertandingan di kandang melawan klub asal negeri Matador itu, Manchester United selalu menelan kekalahan. Kalah 2-3 melawan Athletico Bilbao dalam babak 16 besar Liga Eropa musim 2011/2012.
Manchester United juga kalah 1-2 dari Real Madrid di 16 besar Liga Champions.

Untuk menutupi sejarah kelam itu, tuan rumah mengerahkan seluruh pendukung setia kubu Old Trafford untuk "bereksperimen" habis-habisan, dari bernyanyi sampai bersorak meriah.

Atmosfer Old Trafford diharapkan gegap gempita dengan gemuruh riuh dari 1.500 pendukung setia Manchester United.

Pengerahan massa versus pengerahan massa. Tuan rumah mengantisipasi serbuan 6.000 suporter Real Sociedad yang datang dari Spanyol.

"Untuk pertandingan-pertandingan besar, atmosfer Old Trafford bakal gegap gempita mendukung  tim terbaik. Setiap pertandingan punya atmosfernya sendiri-sendiri," kata koordinator suporter Manchester United, Andrew Kilduff.

"Masalahnya bukan sebatas nyanyian-nyanyian dari para suporter, tetapi lebih pada ukuran stadion dan akustik di dalamnya."

"Kami akan mengajak para pendukung untuk berada di Old Trafford 25 menit sebelum pertandingan dimulai, sehingga kami bersorak gemuruh ketika para pemain melakukan pemanasan," kata Kilduff.

Komentar dua pelatih:

David Moyes (Manchester United):
"Intinya kami ingin memperoleh hasil membanggakan, untuk itu kami perlu terus meningkatkan kualitas penampilan. Kami pernah menjalani masa dengan penampilan cemerlang. Kini kami berlatih keras, terus berkembang dari waktu ke waktu."

"Ini saatnya kami tampil menawan, meski kami belum banyak menjaringkan gol ke gawang lawan. Kami terus berlatih dan saya yakin kami mampu mencetak lebih banyak gol."

"Kami lambat laun menunjukkan perkembangan yang kian membaik dengan begitu kami berharap dapat beroleh tiga poin penuh di Donetsk (dalam laga kedua nanti). Kami berusaha menang di setiap laga, dan pertandingan kali ini sungguh merupakan kompetisi yang besar. Sangat penting bagi kami tampil sebaik mungkin."

"Yang penting, kami dapat menang ketika melakoni laga kandang. Ini yang akan kami lakukan ketika melawan Sociedad. Sociedad telah berjuang gigih untuk sampai ke ajang Liga Champions. Mereka kini berada di peringkat empat besar Liga Spanyol. Ini capaian luar biasa, dan kami menghormati capaian mereka itu."

"Kehilangan satu atau dua pemain di musim panas ini membuat mereka kesulitan, sementara mereka punya harapan besar."

"Mereka mengubah gaya permainan dalam dua atau tiga pertandingan di musim ini. Terkadang mereka menurunkan satu gelandang bertahan, atau lain waktu dua gelandang bertahan. Ini yang menyebabkan mereka memperoleh hasil memuaskan di Valencia pada Sabtu lalu."

"Saya kira (Old Trafford) bakal menjadi tempat yang menyenangkan. Ini stadion megah untuk tampil gemilang, saya berharap mereka bermain tanpa beban."

Jagoba Arrasate (Real Sociedad):
"Mereka punya pelatih anyar, tentunya perlu waktu untuk beradaptasi. Untuk itu, saya tidak akan bertindak bodoh ketika menghadapi United. Mereka akan tampil bersemangat. Kami berharap dapat memberi perlawanan sengit."

"Bermain di sini terbilang positif saja. Dan kami tidak akan terintimidasi oleh situasi apapun. Tentunya kami datang ke sini menghadapi skuad legendaris, di sebuah stadion yang menyimpan makna keramat. Saat peluit telah dibunyikan, itu artinya pertandingan dimulai antara sebelas pemain melawan 11 pemain. Kami juga didukung fans."

"Tentu, pertandingan malam ini demikian istimewa bagi kami, bagi para pemain, staf pelatih dan seluruh pendukung. Nah, ketika pluit berbunyi, kami akan fokus kepada pertandingan, dengan mengoreksi segala hal, memotivasi para pemain agar mereka mampu bertanding untuk meraih tiga poin."

Anatomi kedua tim:

Manchester United:
* Moyes berharap kepada penampilan Danny Welbeck dan Tom Cleverley yang siap tempur, meski keduanya absen dalam latihan pada Selasa lalu.
* Bek tengah Nemanja Vidic dan Rio Ferdinand berangsur bugar setelah absen ketika Manchester United bermain imbang melawan Southampton.
* Moyes mengandalkan duet Chris Smalling, Jonny Evans dan Phil Jones di lini pertahanan. Bek kiri Patrice Evra mengalami cedera ringan meski kini ia berangsur pulih.
* Pemain muda bertalenta Adnan Januzaj akan menorehkan debut di ajang Liga Champions.

Real Sociedad:
* Kapten Sociedad Xabi Prieto sudah sembuh dari cedera yang diperoleh di babak kedua ketika ia turun bertanding melawan Valencia. Gelandang Gorka Elustondo bakal absen karena cedera otot.
* Esteban Granero, yang didatangkan dari Queens Park Rangers, kemungkinan besar menempati lini gelandang setelah ia mengalami cedera lutut pada bulan lalu.
* Carlos Vela, mantan pemain Arsenal yang merupakan rekan satu tim dari Robin van Persie, akan turun melawan Manchester United.
 
Prakiraan susunan pemain:  

Manchester United (4-4-2):
De Gea (penjaga gawang); Rafael, Vidic, Ferdinand, Evra; Nani, Carrick, Fellaini, Valencia; Rooney, Van Persie

Real Sociedad (4-4-1-1):
Bravo (penjaga gawang); C Martinez, Gonzalez, I Martinez, De La Bella; Vela, Bergara, Pardo, Griezmann; Zurutu ; Agirretxe
 
Prediksi hasil laga (Goal.com)
* Manchester United 3-1 Real Sociedad (17,39 persen)
* Manchester United 2-0 Real Sociedad (14,08 persen)
* Manchester United 2-1 Real Sociedad (13,08 persen)

Lima laga terakhir:      

Manchester United
19 Oct 2013    Manchester United 1 - Southampton 1    EPL
5 Oct 2013    Sunderland 1 - Manchester United 2    EPL
2 Oct 2013    Shakhtar Donetsk 1 - Manchester United 1    UCL
28 Sep 2013    Manchester United 1 - West Bromwich Albion 2    EPL
25 Sep 2013    Manchester United 1 - Liverpool 0    CCUP

Real Sociedad
19 Oct 2013    Valencia 1 - Real Sociedad 2    LIGA
5 Oct 2013    Rayo Vallecano 1 - Real Sociedad 0    LIGA
2 Oct 2013    Bayer Leverkusen 2 - Real Sociedad 1    UCL
28 Sep 2013    Real Sociedad 1 - Sevilla 1    LIGA
24 Sep 2013    Barcelona 4 - Real Sociedad 1    LIGA

Narasi prediksi:
* Dukungan penuh penonton di Old Trafford bakal menjadi salah satu bandul dari penampilan tim asuhan David Moyes. Dan Sociedad tidak ingin kalah angin. Tim asal Spanyol ini mengalokasikan lebih dari 6.000 tiket bagi para pendukung setia mereka.
* Sociedad berusaha keras masuk ke jajaran elite sepak bola Eropa. Mereka termotivasi tidak ingin menjadi tim yang semenjana saja.
* La Real berencana mengandalkan serangan bertubi-tubi ke lini pertahanan Manchester United dengan mengerahkan trio pemain depan, yakni Imanol Agirretxe, Antoine Griezmann dan Carlos Vela.
* Sukses Sociedad di musim lalu tidak lepas dari strategi menyerang yang benar-benar ekstrem. Sentuhan pelatih Jagoba Arrasate benar-benar bertuah. Kini racikan strateginya diuji di Old Trafford.

Prediksi hasil laga menurut editor Antaranews.com:
Machester United: 3
Real Sociedad: 1  

Pewarta: AA Ariwibowo
Editor: AA Ariwibowo
COPYRIGHT © ANTARA 2013