Madrid (ANTARA News) - Neymar dan Gareth Bale untuk pertama kalinya akan merasakan aroma persaingan antara Barcelona dan Real Madrid sejak keduanya bergabung di dua klub raksasa Spanyol itu, pada laga  El Clasico pertama musim ini esok Sabtu.

Barca saat ini unggul tiga poin atas Madrid di puncak klasemen, namun klub asuhan Carlo Ancelotti yang justru mendapat pekan lebih baik menjelang laga klasik itu.

Barca untuk pertama kalinya tak meraih poin penuh musim ini setelah ditahan 0-0 oleh tuan rumah Osasuna pekan lalu, lalu diimbangi 1-1 oleh AC Milan Rabu dini hari lalu di San Siro.

Sebaliknya, Madrid memetik keuntungan dari tergelincirnya seteru beratnya itu dengan menang 2-0 atas Malaga dan mendekati babak 16 Besar Liga Champions setelah mengalahkan Juventus 2-1 Kamis dini hari lalu.

Laga melawan Malaga menandai bangkitnya performa Real dan klub ini tak pernah kalah dalam lima kali pertemuan terakhirnya melawan Barcelona.

Namun bek Real Sergio Ramos tak begitu yakin performa bagus akhir pekan lalu menjadi faktor penting di Camp Nou nanti.

"Pada Sabtu kami memiliki pertandingan penting dan akan menjadi langkah penting jika menang di Camp Nou, tapi kami tahu pertemuan itu selalu sulit dan apa pun bisa terjadi," kata Ramos seperti dikutip AFP.

Ancelotti menghadapi dilemma memilih pemain, terutama Gareth Bale yang diturunkan sebagai pemain pengganti dalam 25 menit terakhir saat melawan Juventus namun tampil tak mengesankan.

Ancelotti menegaskan Bale kini cukup bugar untuk turun sejak awal permainan.  Namun sepertinya Bale akan menjadi pemain pengganti kembali karena Ancelotti masih percaya kepada Karim Benzema.

Sementara di kubu Barcelona, Neymar dipastikan akan menjadi tandem pemain terbaik dunia Lionel Messi.

"Laga Clasico adalah pertandingan paling penting untuk setiap pemain," kata dia kepada Barca TV.

"Itu adalah pertandingan yang semua pemain ingin berpartisipasi dan memperlihatkan kemampuan terbaik mereka. Ini akan menjadi yang pertama bagi saya dan saya ingin menciptakan debut besar, dengan kemenangan."

Gerardo Martino mesti menentukan apakah akan memanggil Pedro Rodriguez dan Cesc Fabregas yang dibangkucadangkan saat laga melawan Milan.

Dan mengingat Gerard Pique tengah dibelit cedera hamstring, Carles Puyol akan turun lagi berpasangan dengan Javier Mascherano.

Jika Barca gagal menang dari Real, maka Atletico Madrid akan menyalipnya di puncak klasemen bila klub ini menang dari Real Betis hari Minggu.

Selama ini tim asuhan Diego Simeone tersebut terus melanjutkan rekor 100 persennya di Liga Champions dengan menghancurkan Austria Vienna 3-0 padahal Simeone mengistirahatkan sejumlah pemain bintangnya seperti David Villa, Diego Godin dan Mario Suarez.

Akhir pekan ini ketiganya akan bergabung kembali dengan Diego Costa yang sudah mengoleksi 12 gol dari 12 kali penampilannya musim ini, termasuk dua gol ke gawang Austria Vienna.

Jadwal La Liga
Sabtu WIB:
Rayo Vallecano vs Valladolid (01.00 WIB)
Malaga vs Celta Vigo (21.00)
Barcelona vs Real Madrid (23.00)

Minggu WIB:
Elche vs Granada (01.00)
Levante vs Espanyol (03.00)
Sevilla vs Osasuna (17.00)
Villarreal vs Valencia (22.00)

Senin WIB:
Real Sociedad vs Almeria (00.00)
Atletico Madrid vs Real Betis (02.00)
 
Selasa WIB:
Getafe vs Athletic Bilbao (02.00)

Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2013