Madrid (ANTARA News) - Derbi Spanyol, yang populer disebut sebagai El Clasico meninggalkan kesan tersendiri bagi sejumlah pemain bintang Brasil di masa lalu, sebut saja Romario, Ronaldo, Rivaldo, Ronaldinho.

Ziarah perdana musim ini di ajang Liga Spanyol (La Liga), Barcelona akan menjamu Real Madrid pada 26 oktober di Stadion Camp Nou.

El Clasico menjanjikan laga yang jauh dari rombengan. El Clasico menjanjikan laga berkualitas, karena itu menyimpan selaksa memori masa lampau, sebagaimana dikutip dari laman Marca.com.

Romario: laga bersejarah
Romario, yang berjuluk "O Baixinho" dikenal sebagai pemain yang punya akselerasi ekstra cepat dan menusuk lini pertahanan lawan. Pemain ini punya segudang trik unik untuk membuka ruang pertahanan lawan.

Romario kali pertama berlaga di El Clasico membela Barcelona pada Januari 1994. Kala itu, Barca menang 5-0. Publik tidak lupa dengan aksi dribelnya yang yahud, sampai-sampai ia dujuluki sebagai laga sarat "cola de vaca".

Ronaldo: debut yang tidak selalu memberi tuah positif  
Pemain Brasil ini tidak sempat mereguk sukacita dari El Clasico pada 7 Januari 1997. Ia bersama dengan Bobby Robson yang berkolaborasi dengan asisten pelatih Jose Mourinho tidak memperoleh kemenangan.

Barcelona kalah 2-0 di Bernabeu. Ronaldo turun penuh selama 90 menit.

Rivaldo: sebuah gol kemenangan di Bernabeu
Publik sulit melupakan gaya penampilannya yang hebring benar. Pada 1 November 1997, Barcelona mampu mengalahkan Real Madrid dalam laga di Bernabeu dengan skor 2-3.

Pemain ini senantiasa bermain cantik manakala menghadapi Los Blancos.

Ronaldinho: terkesan setelah melihat penampilan Neymar.
Penampilan Neymar mengingatkan publik akan kiprah Ronaldinho di ajang El Clasico. Pada 25 April 2004, ia turun di pertandingan yang banyak ditunggu penggila bola setempat.

Penerjemah:
Editor: AA Ariwibowo
COPYRIGHT © ANTARA 2013