Barcelona  (ANTARA News) - Gareth Bale harus melupakan debut El Clasico-nya setelah Barcelona mengalahkan Real Madrid 2-1 di Camp Nou berkat gol Neymar dan Alexis Sanchez.

Bale secara mengejutkan untuk kedua kali sejak bergabung dengan Real dipilih Carlo Ancelotti bermain sejak awal pertandingan, namun gagal tampil mengesankan saat Barca malah mendominasi babak pertama.

Neymar mengantarkan tuan rumah unggul lewat penyelesaian apik dari sudut sempit pada menit 19 sebelum Lionel Messi gagal menggandakan keunggulan beberapa menit kemudian.

Bale lalu digantikan Karim Benzema pada babak kedua, dan pemain Prancis ini hampir menciptakan dampak ketika dia melepaskan tendangan yang membentur tiang gawang ketika waktu tinggal 21 menit.

Justru Sanchez yang mengunci kemenangan pada 12 menit menjelang usai setalah memperdaya Diego Lopez.

Pemain pengganti Jese Rodriguez menciptakan gol untuk Madrid pada menit tambahan, namun gol ini terlalu terlambat menghentikan Barca yang mencatat selisih enam poin di puncak klasemen La Liga.

Dimasukkannya Bale bukan satu-satunya kejutan dari starting line up Ancelotti, karena masih ada yang lainnya yaitu Sergio Ramos yuang ditempatkan pada posisi tidak biasa di gelandang tengah.

Pemain asal Wales itu sendiri melakukan upaya pertamanya menciptakan gol lewat tendangan kaki kiri, namun Barca justru yang lebih dulu menciptakan kejutan ketika Real berjuang mengkoordinasikan diri, lewat kecepatan dan tipu daya Neymar.

Pemain Brazil ini membawa Barca unggul setelah mengolah umpan Andres Iniesta, lalu melepaskan tembakan dari sudut sempit yang sedikit terbelokkan oleh Dani Carvajal.

Kehadiran Cesc Fabregas di Barca memaksa Messi menempati posisi tidak biasa di bagian kanan.  Namun Messi sempat nyaris menggandakan keunggulan dua menit setelah Neymar menciptakan gol, sayang bolanya melebar dari gawang.

Setelah ancaman peluang dari Bale, Madrid akhirnya menciptakan peluang bersih dua menit menjelang babak pertama usai ketika Cristiano Ronaldo mengumpan Dani Alves yang melepaskan sontekan lewat tumit namun gagal berbuah gol.  Lalu Sami Khedira melepaskan tembakan yang dengan cemerlang dihalau Victor Valdes.

Nestapa Bale di babak pertama berlanjut menjelang babak ini usai saat dia menerima kartu kuning akibat mengganjal Gerard Pique.

Madrid memulai babak kedua dengan cemerlang lewat tekanan dari lapangan yang tak dikuasai Barca.

Namun tim tamu harus berterimakasih kepada Lopez yang membuat timnya tetap bertahan berkat halauannya atas tendangan Neymar setelah menyelesaikan umpan dari Javier Mascherano.

Ancelotti lalu memasukkan Asier Illarramendi yang menggantikan Ramos demi meningkatkan kinerja lapangan tengah Madrid.

Real lalu hampir menyamakan kedudukan lewat usaha Luka Modric dan Khedira, sedangkan Bale ditarik untuk digantikan Benzema karena Ancelotti berusaha timnya menyamakan kedudukan.

Benzema nyaris menyamakan kedudukan tapi tendangannya melebar dari tiang gawang.  Sebaliknya Sanchez memastikan kemenangan Barca ketika pertandingan tersisa 10 menit. Berlari cepat menyambut umpan Neymar, dia melepaskan tendangan menawan yang mengecoh Lopez.

Jese memberi sedikit harapan untuk Madrid pada menit-menit terakhir setelah mengolah umpan Ronaldo untuk diakhirnya dengan gol, namun Los Blancos sejak itu tak lagi punya waktu untuk serangan berikutnya. Ini adalah kekalahan Madrid kedua musim ini, demikian AFP.

Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2013