Kuala Lumpur (ANTARA News) - Penyanyi pop Amerika Serikat Ke$ha batal  konser di Malaysia, Sabtu,  setelah pihak berwenang mengatakan pertunjukan itu mengusik keberagamaan dan kebudayaan.

"Kami bingung untuk mengkonfirmasi bahwa acara (di stadion Kuala Lumpur) itu akan dibatalkan," kata penyelenggara konser Livescape dalam pernyataan seperti dikutip Reuters.

Dia menambahkan pihaknya rugi  1,1 juta ringgit (Sekitar rp4 miliar) karena larangan itu.

Livescape mengatakan telah menerima surat dari pemerintah soal larangan konser "At the 11th Hour" pada Jumat. Padahal, panitia  setuju untuk "memodifikasi acara yang sesuai dengan kebudayaan dan kepekaan orang Malaysia".

Kementerian Komunikasi dan Multimedia dalam pernyataan singkat Jumat, menyatakan telah menolak permohonan untuk konser dengan alasan pertunjukan itu  "menyentuh sensitivitas agama dan nilai-nilai budaya Malaysia".

Serial acara reality Ke$ha di MTV "My Crazy Beautiful Life"  menampilkan perilaku aneh di masa lalu, termasuk minum air kencing sendiri.

Beberapa lagunya merujuk pada seks dan alkohol.

Livescape mengatakan telah membuat penyesuaian lirik lagu Ke$ha, perubahan pakaian,  dan telah menyusun daftar set  khusus mematuhi pedoman yang ditetapkan oleh pihak berwenang.

Bulan lalu, Malaysia menarik stiker konser yang direncanakan oleh kelompok heavy metal Amerika Serikat Lamb of God setelah otoritas Islam menyatakan musik band itu menyinggung rasa keberagamaan.

(Uu.H-AK/

Editor: Aditia Maruli Radja
COPYRIGHT © ANTARA 2013