Jakarta (ANTARA News) - Ketua UEFA Michel Platini ingin peserta putaran final Piala Dunia diperbanyak menjadi 40 tim mulai Piala Dunia 2018 guna memberi tempat lebih banyak kepada wakil-wakil Afrika dan Asia tanpa mengurangi jatah Eropa.

Eropa saat ini menghadirkan 13 wakilnya dari total 32 tim peserta putaran final Piala Dunia, sedangkan Afrika mendapat jatah lima, dan empat atau lima untuk wakil Asia yang salah satunya tergantung pada hasil playoff melawan tim Amerika Selatan.

Presiden FIFA Sepp Blatter menulis pekan lalu bahwa Afrika dan Asia layak menambah wakilnya mengingat kedua benua memiliki lebih banyak anggota FIFA dibandingkan Eropa dan Amerika Selatan.

Platini yang mantan pemain timnas Prancis dan disebut-sebut calon pengganti Blatter di FIFA tersebut mengatakan bahwa berdasarkan kalkulasinya penambahan delapan tim akan membuat penyelenggaraan Piala Dunia hanya bertambah tiga hari. 

"Ini baik untuk semua pihak," kata Platini dalam wawancara bersama koran Inggris, Times.
 
"Saya sangat setuju dengan pendapat Tuan Blatter bahwa kita perlu lebih banyak (tim) Afrika dan Asia.  Namun tanpa mengurangi jumlah tim Eropa, kami mesti menambah menjadi 40 tim.

"Kita bisa menambahkan dua tim Afrika, dua Asia, dua Amerika, satu Oseania dan satu Eropa."
 
Negara-negara dari Eropa dan Amerika Selatan telah memenangkan 19 gelar juara Piala Dunia, demikian Reuters.  

Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2013