Jakarta (ANTARA News) - Pemandu acara dan penyanyi rap Pandji Pragiwaksono mengatakan semangat Sumpah Pemuda seharusnya bisa menginspirasi generasi muda untuk berinisiatif melakukan aksi nyata untuk memajukan bangsa.

"Melakukan inisiatif untuk mengubah Indonesia ke arah yang lebih baik, itu semangat yang seharusnya dipakai oleh anak muda zaman sekarang," kata Pandji kepada ANTARA di Jakarta, Senin.

Ia menuturkan, tahun 1928 para pemuda punya inisiatif berjuang lewat jalur diplomasi ketika perjuangan umumnya masih dilakukan dengan senjata.

"Saat yang lain berjuang lewat senjata, pasti ada cemoohan, berjuang kok meeting? Tapi mereka memutuskan melakukan sesuatu yang beda, yang enggak dipikirin ketika orang turun langsung untuk perang," katanya.

Sekarang ini, ia mengatakan, daripada hanya berdemonstrasi menuntut pemerintah melakukan sesuatu, anak-anak muda lebih baik memulai aksi nyata untuk mengubah wajah bangsa dari diri mereka sendiri.

Pandji mencontohkan, ada beberapa anak muda kreatif yang membuat album dari karya musik anak-anak kurang mampu dan menggunakan hasilnya untuk membantu membayar biaya sekolah mereka.

"Itu kan inisiatif yang keren. Itu salah satu contoh saja. Masih banyak hal yang seharusnya bisa digali dan dikerjakan oleh para pemuda," katanya.

Pewarta: Anita Permata Dewi
Editor: Maryati
COPYRIGHT © ANTARA 2013