Barcelona (ANTARA News) - Eforia! Barcelona kini tengah memanggul momentum gemilang setelah mengalahkan Real Madrid dalam ajang sarat gengsi El Clasico di Camp Nou pada Sabtu pekan lalu.

Kemenangan memanggil Los Blaugrana dan lawan berikutnya Celta Vigo. Kedua tim itu segera berhadapan dalam duel Liga Spanyol (La Liga) yang digelar di Estadio de Balaidos pada Rabu dinihari, pukul 04.00 WIB. Pertandingan itu akan ditayangkan stasiun televisi RCTI.

Barcelona di bawah pelatih Gerardo Martino memancarkan sinaran dengan menorehkan catatan tidak terkalahkan ketika mengawali laga La Liga.

Barcelona mengalahkah Real Madrid 2-1 di tengah perburuan poin yang semakin ketat di atmosfer sepak bola negeri Matador.

Gol Barcelona dilesakkan oleh Neymar dan Alexis Sanchez, sedangkan satu gol balasan Madrid dijaringkan oleh Jese Rodriguez.

Kemenangan itu membawa raksasa Catalan itu membukukan sembilan kali menang, satu kali imbang dari 10 pertandingan La Liga.

Barcelona kini memuncaki klasemen La Liga dengan meraih 28 poin, sementara tempat kedua bermukim Atletico Madrid yang mengoleksi 27 poin, sedangkan Madrid menduduki posisi ketiga dengan menggondol 22 poin.

Terbuka kemungkinan bahwa Martino menggunakan pertandingan ini untuk merotasi skuadnya. Nama-nama seperti Alexis, Pedro, dan Carlos Puyol berpeluang diturunkan.

Martino ingin agar anak asuhannya benar-benar bugar karena mereka perlu bersiap melawan Espanyol pada Jumat pekan ini.

Kunci sukses Barca tetap bersandar kepada penampilan apik dari pemain Brasil Neymar. Setelah tampil gemilang di El Clasico, pemain berusia 21 tahun itu termotivasi menambah pundi-pundi golnya, karena ia telah mengemas tiga gol sepanjang musim ini.

Lionel Messi juga diharapkan mampu tampil bagaikan taifun agar lawan berkecil hati, tidak terkecuali ketika menghadapi Celta Vigo.

Martino dalam jumpa pers sebelum pertandingan mengatakan bek tengah Gerard Pique, striker Isaac Cuenca dan penjaga gawang Oier Olazabal tidak mengambil bagian dalam laga ini.

Pique masih bergulat dengan cedera hamstring, sementara Cuenca baru saja pulih dari cedera lutut. Full-bek Jordi Alba masih dibekap cedera hamstring, dan gelandang Jonathan dos Santos masih mengalami cedera lutut.

Barcelona tidak akan terseret rasa galau, lebih-lebih asa itu dibayang-bayangi oleh hasil imbang 2-2 dalam pertandingan kedua tim musim lalu.

Taji pasukan pelatih Luis Enrique benar-benar tanpa daya menjalani musim ini. Mereka kini bertengger di posisi ke-16 dengan memagut 10 poin dari sembilan pertandingan.

Celta diperkuat oleh pemain timnas Denmark Michael Krohn-Dehli yang notabene baru saja pulih dari cedera engkel. Dan Enrique yang juga mantan bintang Barcelona itu siap melabrak pertahanan Barcelona.

Komentar dua pelatih:

Luis Enrique (Celta Vigo):
"Jika saya hanya menghitung hasil pertandingan, maka boleh jadi saya kehilangan optimisme. Jika semuanya didasari oleh penampilan tim secara keseluruhan, maka secangkir gelar akan terisi penuh atau setengah penuh. Saya melihat gelas itu terisi setengah saja."

"Saya punya dua opsi. Pertama, meracik strategi pertandingan. Kedua, mulai menyerah. Tim yang saya asuh ini mampu tampil kompak dengan sepenuh hati meraih kemenangan."

"Ini olahraga yang membuka segala kemungkinan, sampai seorang pemain memungut bola yang masuk ke jaring gawang. Ini pagelaran yang kelak saya tahu benar jalan ceritanya."

Gerardo Martino (Barcelona):
"Saya tidak khawatir soal Messi, sebagaimana dikhawatirkan oleh banyak orang di luar klub ini. Jika memang Lionel tidak mencetak gol, ia masih berperan penting bagi tim."

"Jika orang berpikir bahwa Messi tidak tampil baik, maka silakan menengok statistik penampilannya. Ia akan tampil gemilang seperti sediakala. Apakah Messi bermain baik ketika melawan Madrid? Ia dapat turun di berbagai posisi, dan ini tentu hal yang positif bagi kemajuan tim."

"Real Madrid masih menjadi lawan terberat dalam perebutan gelar La Liga. Seperti yang pernah saya katakan sebelumnya, Atletico menuai persaingan ketat musim ini."

Anatomi kedua tim:

Celta Vigo:
* Celta Vigo gagal mencetak gol dalam tiga pertandingan kandang di ajang La Liga.
* Barcelona mampu mencetak sekurang-kurangnya dua gol dalam empat laga terakhir melawan Celta Vigo dalam segala kompetisi.
* Barcelona tidak terkalahkan dalam enam pertandingan terakhir melawan Celta Vigo dalam segala kompetisi.
*Celta Vigo gagal memetik kemenangan dalam lima pertandingan kandang di ajang La Liga.

Barcelona:
* Lionel Messi tampil gemilang dengan mengambil peran sebagai penyerang ketika melawan Real Madrid pekan lalu. Ia diharapkan tampil bahu membahu bersama Cesc Fabregas dalam laga kali ini.
* Setelah mencetak gol di ajang Clasico, Alexis Sanchez berpeluang diturunkan masuk ke "starting XI".
* Kapten Carles Puyol, yang dibangkucadangkan ketika melawan Real Madrid, besar kemungkinan akan diturunkan untuk menempati posisi yang sebelumnya ditempati oleh Gerard Pique.
* Jordi Alba masih dibekap cedera, dengan begitu Adriano akan menempati posisi bek kiri.

Prakiraan susunan pemain:
Celta Vigo (4-3-3):
Yoel (penjaga gawang); Mallo, Cabral, Costas, Toni, Fontas, Lopez, Rafinha; Fernandez, Charles, Nolito

Barcelona (4-3-3):
Valdés (penjaga gawang); Alves, Puyol, Bartra, Adriano; Song, Fàbregas, Iniesta; Sánchez, Messi, Pedro

 Prediksi hasil laga (Goal.com):    
* Celta 0-3 FC Barcelona (19,04 persen)
* Celta 0-4 FC Barcelona (15,48 persen)
* Celta 1-3 FC Barcelona (12,79 persen)

Head to Head:

Primera Division (LIGA)
30 Maret 2013   Celta 2 - FC Barcelona 2     
 3  Nov  2012    FC Barcelona 3 - Celta 1     
28 Jan  2007     FC Barcelona 3 - Celta 1     
28 Aug 2006     Celta 2 - FC Barcelona 3     
 3  May 2006     Celta 0 - FC Barcelona 1     

Lima laga terakhir:   

Celta
26 Oct 2013      Malaga 0 - Celta 5  LIGA
21 Oct 2013      Celta 0 - Levante 1 LIGA
 6  Oct 2013      Atletico Madrid 2 - Celta 1  LIGA
29 Sep 2013     Celta 0 - Elche 1  LIGA
26 Sep 2013     Getafe 2 - Celta 0 LIGA

FC Barcelona
26 Oct 2013       FC Barcelona 2 - Real Madrid CF 1    LIGA
22 Oct 2013       AC Milan 1 - FC Barcelona 1         UCL
19 Oct 2013       Osasuna 0 - FC Barcelona 0         LIGA
 5  Oct 2013       FC Barcelona 4 - Valladolid 1        LIGA
 1  Oct 2013       Celtic 0 - FC Barcelona 1               UCL

Narasi prediksi:
* Melawan Barcelona, Vigo perlu ekstra kerja keras. Skuad Barca masih diliputi eforia kemenangan dalam El Clasico. Ini energi tersendiri untuk meningkatkan penampilan skuad Catalan.

* Sesudah mengenyam dua kali hasil imbang. Barcelona mampu menaklukkan seteru lawasnya Real Madrid. Kemenangan ini membawa Madrid bersaing ketat dengan Atletico Madrid dengan selisih satu poin.

* Balatentara Catalan benar-benar sedang berada di atas angin. Mereka siap tampil seksi, apalagi menghadapi Vigo yang notabene kini ditangani oleh Luis Enrique.

* Vigo sebagai tuan rumah bersiap tampil impresif setelah mengemas kemenangan atas Malaga. Ini menaikkan kepercayaan diri tim tuan rumah, meski tidak cukup juga untuk meladeni kiprah para pemain bintang Barcelona.

Prediksi hasil laga menurut editor Antaranews.com:
Celta Vigo: 1
Barcelona: 3   

Pewarta: AA Ariwibowo
Editor: AA Ariwibowo
COPYRIGHT © ANTARA 2013