Jakarta (ANTARA News) -  Ketua Dewan Pimpinan Pusat Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Abdul Kadir Karding mengatakan partainya akan membuka ruang untuk mengusung Jusuf Kalla sebagai calon presiden seperti keinginan sebagian Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) partai.

"Ada keinginan dari DPW-DPW PKB, utamanya dari luar Jawa, agar PKB mengusung Jusuf Kalla sebagai calon presiden pada Pilpres 2014," katanya di Jakarta, Rabu.

"PKB akan beri ruang atas usulan tersebut, meski sudah ada nama mantan Ketua Mahkamah Konstitusi Mahfud MD dan Rhoma Irama sebagai calon presiden PKB," tambah dia.

Ia menjelaskan, sebagian DPW PKB mengusulkan partai mencalonkan Jusuf Kalla karena melihat dia sebagai tokoh nasional yang pernah menjabat sebagai Ketua Umum Golkar dan wakil presiden.

Ketua DPW PKB Sulawesi Selatan Azhar Arsyad menyebut Jusuf Kalla sebagai figur yang relatif diterima oleh masyarakat Indonesia, khususnya bagian timur.

"JK tidak hanya mempunyai kompetensi, tapi reputasinya juga sangat memadai sebagai negarawan. Dalam hal perdamaian berbagai konflik Pak JK terbukti mumpuni," kata Azhar

Namun, Karding menegaskan bahwa pengusungan nama calon presiden dari PKB akan tergantung pada perolehan kursi partai dalam pemilihan anggota legislatif tahun 2014 mendatang.

"Bila target sebesar 50 kursi tercapai, itu akan memudahkan PKB untuk mengusung calon presiden. Jadi meskipun DPW-DPW mengusung Jusuf Kalla, Mahfud MD, dan Rhoma Irama, semua tergantung hasil Pemilu 2014," katanya.

Pewarta: Zul Sikumbang
Editor: Maryati
COPYRIGHT © ANTARA 2013