Samarinda (ANTARA News) - Festival Mahakam yang akan dibuka di Samarinda, Kalimantan Timur, hari ini akan dimeriahkan dengan hadirnya 60 Usaha Kecil dan Menengah (UKM) di kota tersebut serta penampilan musisi-musisi jazz yang akan meramaikan pangung Mahakam Jazz Fiesta. 

Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata dan Kominfo Kota Samarinda HM Faisal, Rabu, mengatakan, UKM tersebut akan hadir dalam Mahakam Expo, yang merupakan rangkaian Festival Mahakam.

Dalam festival yang digelar 31 Oktober hingga 3 November ini, peran UKM dilibatkan sebagai upaya pembinaan terhadap ekonomi kerakyatan.

Mahakam Expo dalam rangkaian Festival Mahakam akan dilaksanakan di samping Islamic Centre. UKM itu terdiri dari kuliner dan kerajinan yang akan memamerkan berbagai produk andalannya.

"Kami ingin Mahakam Expo ini bisa memberikan kenyamanan kepada pengunjung dan para pelaku UKM yang yang terlibat merupakan perajin yang cukup potensial. Apalagi, tamunya bukan dari Samarinda tetapi juga dari luar Kaltim bahkan mancanegara," katanya.

"Jadi, kami ingin agar pelaksanaan Mahakam Expo pada Festival Mahakam 2013 ini benar-benar dapat memberikan nilai tambah bagi para pelaku UKM di Samarinda, begitu pun warga," ungkap Faisal.

"Pada Minggu (3/11) berbagai kegiatan akan digelar, mulai pemecahan rekor lomba memasak yang diikuti 3.000 peserta dan pemecahan rekor lomba memasak 500 pejabat lingkup Kota Samarinda. Pada Festival Mahakam 2013 ini juga akan digelar lomba fashion casual trendy Sarung Samarinda ," katanya.

"Sementara yang paling dinanti-nanti untuk yang kedua kalinya, Mahakam Jazz Fiesta kembali dilaksanakan yang akan menghadirkan musisi jazz nasional bahkan dari luar negeri," ungkap Faisal.

Pewarta: Amirullah
Editor: Desy Saputra
COPYRIGHT © ANTARA 2013