Sangatta (ANTARA News) - Jamaah haji asal Kutai Timur, Kalimantan Timur, yang berjumlah 134 orang, dan saat ini berada di Madinah, Arab Saudi, dilaporkan 95 persen terserang penyakit influenza.

"Jamaah haji Kutai Timur lebih dari 95 persen terkena flu dan terjadi infeksi berulang-ulang," demikian dr Nirmasari Idha Wijaya, salah seorang tenaga medis dan jamaah Kutai Timur, melalui pesan singkatnya kepada ANTARA News, Sabtu.

Ia mengemukakan, influenza itu menyerang jemaah secara bergantian, dan kalaupun sembuh dapat terserang kembali.

Nirmalasari, yang juga Ketua Divisi Pengawasan Pemilihan Umum (Panwaslu) Kabupaten Kutai Timur, dari Masjid Nabawi melaporkan bahwa banyak jamaah Kutai Timur terkena influenza, namun semuanya saat ini berada Madinah untuk tetap melaksanakan ibadah

"Kami di Madinah selama 10 hari untuk melaksanakan Sholat Arbain dan ziarah ke beberapa tempat, seperti makam Rasulullah, Masjid Qiblatain, Masjid Quba dan Jabbal Uhud," catatnya.

Ia menimpali, "Insya Allah pada minggu pagi akan menuju Bandara King Abdul Azis di Jeddah, dan hari Selasa terbang kembali ke Indonesia. Insya Allah hari Selasa sudah sampai di Sangatta. Kami mohon doa untuk keselamatan kami, agar menjadi haji mabrur."

Kepala kantor Kementerian Agama (Kakanmenag) Kabupaten Kutai Timur, Kalimantan Timur, H. Fahmi Rasyad, beberapa waktu lalu mengemukak an bahwa secara umum semua jamaah haji dari wilayahnyadalam kondisi sehat walafiat.

Kalaupun ada yang terkena influenza akibat perubahan cuaca, dan semuanya bisa diatasi dan ditangani oleh tim kesehatan yang dikirim, katanya menambahkan.

Pewarta: Adi Sagaria
Editor: Priyambodo RH
COPYRIGHT © ANTARA 2013