Jakarta (ANTARA) -
Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) resmi melepas rangkaian tim siaga untuk menjaga posko mudik di 28 titik, lengkap dengan layanan kesehatan serta kebutuhan dasar secara gratis tanpa syarat bagi seluruh pemudik yang melintas.
 
Pimpinan Baznas Bidang Pendistribusian dan Pendayagunaan Saidah Sakwan menerangkan program posko mudik merupakan program reguler tahunan untuk melayani kebutuhan dasar para pemudik sekaligus menekan angka kecelakaan selama musim libur lebaran.
 
“Hari ini kita memulai lagi acara program mudik ini kita menjadi program regular setiap tahun karena ini sesuai dengan asnaf fi sabilillah jadi kami melayani orang-orang yang akan melaksanakan silaturahmi, bertemu kembali dengan orang tua,” kata Saidah di Jakarta pada Rabu.
 
Pada lebaran kali ini, pihaknya menurunkan sebanyak 20 orang dari tim tanggap bencana Baznas, 10 orang dari tim Rumah Sehat Baznas (RSB) serta bantuan dari anggota pramuka, sehingga total personel yang terlibat sebanyak 280 orang yang tersebar di lima provinsi dan 28 titik.

Baca juga: Jalin dan Baznas buka posko mudik bagi masyarakat
Baca juga: Posko Baznas layani pemudik kereta Stasiun Senen
 
Adapun beberapa layanan yang diberikan, sambung dia, ialah pemberian makanan dan minuman, tempat beristirahat, musholla, stasiun pengisian handphone dan barang elektronik, layanan pijat, tenaga kesehatan, serta ambulans yang bekerjasama dengan rumah sakit terdekat dari titik posko.
 
Ia menerangkan layanan posko mudik Baznas tersebut akan dibuka selama arus mudik dan balik lebaran, mulai dari tanggal 4 hingga 16 April 2024 dengan jam buka mulai dari pukul 06.00 WIB sampai 22.00 WIB.
 
“Jadi program ini tidak one shot, tapi pulang pergi, arus berangkatnya itu dari tanggal 4 sampai tanggal 8. Terus nanti pas arus balik itu ada tanggal 13, 14, 15, 16. Jadi ini 2 periode ya, posko buka mulai dari jam 06.00 WIB sampai sekitar jam 22.00 WIB,” jelasnya.
 
Ia berharap dengan adanya posko mudik Baznas yang dapat menampung hingga 500 orang kegiatan mudik dapat berjalan dengan aman dan minim kecelakaan.
 

Pewarta: Hana Dewi Kinarina Kaban
Editor: Budhi Santoso
COPYRIGHT © ANTARA 2024