Jakarta (ANTARA News) - Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) meminta saran cara penanggulangan sampah di Jakarta pada aktor Inggris peraih Oscar, Jeremy Irons. Hal tersebut dinyatakan Jokowi setelah Jeremy melontarkan pertanyaan pada Jokowi terkait program-program yang telah dia lakukan untuk meminimalisir sampah di Jakarta.

"Hal tersulit bagi saya adalah mengubah kebiasaan masyarakat yang masih suka buang sampah sembarangan, jadi kalau boleh tahu, apa saran Anda?" Tanya Jokowi usai menonton pemutaran perdana film "Trashed" yang dibintangi Jeremy di Erasmus, Jakarta, Senin.

Jeremy yang telah berkeliling ke berbagai belahan dunia guna membuat film dokumenter itu mengusulkan agar Jokowi menyediakan sebanyak mungkin tempat sampah di setiap sudut kota.

"Sediakan tempat sampah dengan berbagai warna untuk sampah plastik, logam, makanan, tempat sampah harus tersedia bagi warga miskin maupun kaya," kata Jeremy.

Selain itu, edukasi pada masyarakat mengenai pentingnya untuk "tidak menyampah" juga tak kalah pentingnya.

"Edukasi lewat iklan di media massa atau lewat jalur pendidikan pada generasi muda, selain itu juga bisa ditetapkan denda tinggi pada para pelanggar," katanya.

Jeremy optimistis jika perilaku masyarakat bisa berubah. Dia memberi contoh bagaimana kampanye antirokok yang dulu sulit dilakukan sekarang sudah mulai berhasil.

"Tapi kita jangan saling tuding, kita harus bekerja sama melakukan hal ini, pemerintah dan masyarakat harus bersatu," kata Jeremy.

Jokowi mengaku senang menonton film dokumenter karya Jeremy.

"Saya jarang menonton film, tapi saya senang setelah malam ini menonton film Anda sekarang saya jadi punya banyak ide, seperti yang Anda tahu di Jakarta ini orang memproduksi 6.000 ton sampah sehari, dan 2.000 ton di antaranya dibuang ke sungai," kata Jokowi. (*)

Pewarta: Ida Nurcahyani
Editor: Kunto Wibisono
COPYRIGHT © ANTARA 2013